KPLP Harus Bekerja Dengan Hati dan Jaga Perairan Indonesia

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat di upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) ke-50 Tahun dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) ke-35 Tahun di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (3/3/2023). (dok. dephub.go.id)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) untuk terus bekerja dengan hati dalam melaksanakan tugasnya menjaga keselamatan dan keamanan perairan Indonesia.

Hal ini disampaikan Menhub saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) ke-50 Tahun dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) ke-35 Tahun, di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

“Dengan usia KPLP dan PLP yang cukup matang ini harus kita maknai secara mendalam dan harus melakukan introspeksi diri, apakah pekerjaan kita sudah berkontribusi positif kepada negara dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga :   Kabupaten Bandung Barat Anggarkan Rp3 Miliar untuk Tangani Bencana

Menhub menekankan, sikap integritas, tulus dan koordinatif lintas sektoral, harus dikedepankan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dari KPLP dan PLP, sebagai garda terdepan dalam memberikan perlindungan lingkungan maritim Indonesia.

“Selalu pegang prinsip dan kaidah dalam menjalankan tugas. Tidak mengintimidasi, dan sesuai arahan bapak Presiden agar tidak menunjukkan gaya hidup mewah atau hedonisme. Mari kita jaga kepercayaan masyarakat kepada aparatur sipil negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan KPLP yang telah mengabdi menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati.

Dia juga mengapresiasi sejumlah kegiatan sosial yang dilakukan oleh lima Pangkalan PLP dalam rangka memperingati HUT KPLP dan PLP, di antaranya menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan seperti bakti sosial, bersih laut dan pantai, serta kunjungan ke panti sosial dan donor darah di lokasi masing masing.

Baca juga :   Diskominfo Kabupaten Tangerang Gandeng BSSN untuk Perkuat Keamanan Siber

Selain itu, juga membagikan sebanyak 1.060 life jacket dan 100 life ring yang berasal dari PLP Tanjung Priok, PLP Tanjung Uban, PLP Bitung, PLP Tual, serta PLP Tanjung Perak.

Turut hadir dalam upacara tersebut para pejabat di lingkungan Kemhub, para Kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di wilayah DKI Jakarta, perwakilan Kementerian/Lembaga dan para stakeholder terkait. B

 

Komentar