Ketua Akkopsi Hadiri Kick Off CSS Ke-21 di Kabupaten Bandung

Ketua Umum Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menghadiri acara Kick Off City Sanitation Summit (CSS) ke-21 di Kabupaten Bandung. (dok. tangerangkab.go.id)

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selaku Ketua Umum Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) menghadiri acara Kick Off City Sanitation Summit (CSS) ke-21 di Kabupaten Bandung.

Acara Kick Off tersebut digelar di Lapangan Upakarti Kabupaten Bandung pada Jumat (17/3/2023) dengan dimulai dari Rumah Dinas Bupati Bandung untuk menyambut para tamu dari Sekretariat Nasional Akkopsi, para kepala daerah dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Akkopsi, Forkopimda Jawa Barat, dan Forkompimda Kabupaten Bandung, serta seluruh OPD Pemkab Bandung.

Dari rumah jabatan bupati, kegiatan bergeser ke Lapang Upakarti, untuk prosesi pembukaan atau kick off.

Kegiatan diisi dengan senam bersama, pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Bupati Bandung, dan sambutan Ketua Akkopsi.

Kemudian, pelepasan balon dan burung merpati sebagai simbol pembuka dan hitung mundur pelaksanaan CSS ke-21.

Bupati Zaki mengungkapkan bahwa Kabupaten Bandung akan menjadi tuan rumah menyelenggarakan CSS ke-21.

Dia berharap program-program Bupati Bandung yang luar biasa bisa menjadi terobosan baru bagi program-program Akkopsi yang bisa direplikasi dan ditularkan ke kabupaten dan kota lainnya.

Baca juga :   HUT Ke-85 RSUD CAM Penjabat Wali Kota Bekasi Harap Tingkatkan Pelayanan Inklusif dan Responsif

“Kami dari Sekretariat Akkopsi mendukung penuh kegiatan City Sanitation Summit 2023 yang ke-21 ini di Kabupaten Bandung yang akan diselenggarakan pada Juni 2023,” ujarnya dalam situs tangerangkab.go.id.

Bupati Zaki juga berharap semuanya berjalan dengan lancar dan tentu saja bisa menghadirkan banyak terobosan dalam rangka mengentaskan dan juga mempromosikan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat umum dari Sabang sampai Merauke.

Dia menambahkan, Kabupaten Bandung merupakan salah satu kabupaten yang memiliki wilayah sangat luas dengan populasi yang cukup tinggi.

Menurutnya, hal tersebut mengakibatkan Kabupaten Bandung menghadapi masalah seperti pola ruang, sampah, kemacetan, dan sanitasi.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Bupati Dadang, Alhamdulillah banyak program yang mudah-mudahan nanti bisa mendukung, ya merestorasi lingkungan dan juga mengembalikan keadaan lingkungan untuk kemudian bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program perbaikan sanitasi, penyelenggaraan air bersih, serta air minum kepada masyarakat,” jelasnya di depan Bupati Bandung dan seluruh OPD yang hadir.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum dan seluruh jajaran pengurus Akkopsi yang telah datang langsung pada acara Kick Off CSS ke-21 di Kabupaten Bandung.

Baca juga :   KTT G20 Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bali Hingga 8,1%

Dia dan seluruh jajaran di Kabupaten Bandung berkomitmen menyukseskan CSS ke-21.

“Sebagai Bupati Tangerang yang sangat luar biasa dan Kabupaten Tangerang tidak jauh antara luas wilayah dan jumlah penduduknya dengan Kabupaten Bandung. Penghargaan ini tidak akan kami sia-siakan karena di Kabupaten Bandung dipilih menjadi tuan rumah CSS,” ungkap Dadang.

Ada tiga event nasional bahkan internasional yang akan digelar di Bandung. Event itu di antaranya Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-10 Juni 2023, City Sanitation Summit ke-21 pada 21-23 Juni 2023, dan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional.

Insya Allah ini akan digelar di Kabupaten Bandung. Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar, tentunya kami mohon dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Acara Kick Off CSS ke-21 tersebut diawali dengan kegiatan senam sehat, dilanjutkan dengan peluncuran CSS ke-21 yang ditandai dengan pelepasan burung. Kemudian pelepasan balon udara, penanaman pohon, dan pelepasan ikan. B

 

Komentar