Kemenparekraf Siapkan Program Apresiasi Bagi Tenaga Kesehatan

0
24
Apresiasi untuk tenaga kesehatan. (Istimewa)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyiapkan program apresiasi yang ditujukan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan (faskes) penanganan Covid-19.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan yang sedang dan telah menangani pasien Covid-19, sekaligus dalam rangka pemulihan ekonomi nasional khususnya industri pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, satu program yang disiapkan kementerian adalah staycation gratis bagi para tenaga kesehatan.

“Seiring dengan melandainya grafik Covid-19, kami mempersilakan para tenaga kesehatan untuk memanfaatkan program staycation yang saat ini sedang dipersiapkan oleh kementerian, khususnya dari Deputi Bidang Pemasaran,” ujarnya di acara “Menteri Menyapa Nakes Covid-19” di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Baca juga :   Hotel Horex Sentani Akomodasi Favorit

Sandiaga menjelaskan program staycation ini merupakan bagian dari program reaktivasi industri pariwisata melalui penyediaan akomodasi, fasilitas pendukung lainnya, serta sarana transportasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, kegiatan reaktivasi ini memiliki multiplier effect, yakni terjadinya kenaikan kenaikan occupancy hotel sebesar 40%, sehingga memberikan dampak mempekerjakan kembali karyawan yang telah dirumahkan, baik dari industri perhotelan maupun moda transportasi darat.

“Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja langsung maupun tidak langsung pada kegiatan reaktivasi industri sebanyak kurang lebih 8.600 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya menuturkan, para nakes dan tenaga penunjang faskes yang nantinya ingin memanfaatkan program staycation agar melampirkan surat rekomendasi dari rumah sakit.

Baca juga :   Aston Jambi Hotel & Conference Center; Tujuh Tahun Berbakti Untuk Negeri

“Pak Menteri menyampaikan para nakes dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan lainnya pasti capeknya luar biasa menangani Covid-19. Jadi, sudah layaknya mereka diberi penghargaan untuk staycation,” ungkapnya.

Jadi, Nia menambahkan, mohon bantuan dari pihak rumah sakit untuk memberikan daftar nama para nakes yang bisa menerima penghargaan dari Kemenparekraf. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here