Kemenparekraf Apresiasi Scooter Owners Group Promosikan Pariwisata Indonesia

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan komunitas “Scooter Owners Group” saat "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, (5/12/2022). (dok. kemenparekraf)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi komunitas Scooter Owners Group yang turut mendorong promosi pariwisata Indonesia secara lebih luas melalui rangkaian kegiatan Jelajah Nusantara III.

“Kegiatan ini juga turut mendorong perkembangan sport tourism Indonesia, sekaligus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Senin (5/12/2022).

Kegiatan Jelajah Nusantara merupakan kegiatan inter-island ride. Pada pelaksanaannya yang ketiga di tahun ini, Jelajah Nusantara mengusung tema Ride for Nation melalui tiga etape touring, yaitu dengan rute Jakarta-Sabang, Jakarta-Manado dan rute Ibu Kota Negara Nusantara-Sarawak Malaysia-Brunei Darussalam.

Flag off untuk Jelajah Nusantara III telah dilaksanakan pada 4 Desember 2022 dan rangkaian kegiatannya akan berakhir pada 18 Maret 2023 di Brunei Darussalam.

Baca juga :   Wisata Domestik dan Premium Diperkuat Selama Pandemi

“Ini kita apresiasi, dan ini bagian dari sport tourism sebuah rangkaian event. Jelajah Nusantara III ini selain kegiatan inter-island ride juga mengenalkan destinasi wisata,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, Jelajah Nusantara III juga mengadakan sejumlah rangkaian aktivitas, yakni Pesona Indonesia dengan live talkshow di tempat-tempat wisata potensial.

Ada juga Gemilang Nusantara, yaitu pesta rakyat yang berkolaborasi dengan UMKM dan melibatkan talenta lokal sebagai bentuk stimulus pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan event yang digelar di Padang, Manado dan Pontianak.

Selain itu, juga Ekspedisi Kebangsaan yang merupakan acara social investment dalam bentuk kolaborasi bersama pemuka agama setempat dengan mengadakan dialog kebangsaan dan bersih-bersih rumah ibadah. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bengkulu, Palu dan Kotawaringin Raya.

Baca juga :   Swiss-Belhotel Airport Jakarta Pamerkan Ragam Batik Nusantara

“Ini bagian program 100 paket wisata nusantara atau 100 PAK WISNU, jadi harus bisa kita tingkatkan karena ini targetnya 1,4 miliar pergerakan wisnus di 2023,” ungkap Sandiaga.

Jika SOG ini seliweran terus antara satu destinasi ke destinasi lain, dia menambahkan, maka bisa membantu pemulihan pariwisata dan membangkitkan ekonomi, serta membuka peluang kerja.

Sementara itu, Ketua Umum SOG Venito Bastian berharap melalui event ini SOG bisa berperan aktif dalam menjaga dan memperkenalkan wisata alam, kuliner dan budaya Indonesia. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Seperti yang bapak ketahui kita ada beberapa event dan event itu kita kolaborasikan dengan cabang-cabang setempat. Memang bisa membuat destinasi yang belum tereksplor, akan tereksplor,” tuturnya. B

 

Komentar