Kemenparekraf-Adira Finance Apresiasi UMKM di Lima DSP

0
12
Gebyar Adira Kreasi 2021. (Istimewa)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Adira Finance memberikan apresiasi kepada pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM) di lima destinasi super prioritas.

Kelima destinasi tersebut adalah Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang dengan apresiasi bertema “Gebyar Adira Kreasi 2021”.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya menyatakan, para pelaku UMKM dinilai layak diapresiasi karena tetap bersemangat dalam menciptakan karya, melahirkan inovasi, dan meningkatkan kualitas produknya di tengah pandemi dan tantangan ekonomi.

“Gebyar Adira Kreasi 2021” di gelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (13/11/2021). Acara ini menjadi acara puncak dari perhelatan Festival Kreatif Lokal 2021 dengan tema #TumbuhBersamaSahabat.

Baca juga :   Kembangkan Potensi Wisata Sumbawa-Bima Raya Butuh Program Unggulan

Menurut Nia Niscaya, acara ini merupakan satu bentuk sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta dalam memberikan pendukungan dan apresiasi kepada pelaku ekonomi kreatif Indonesia.

Awarding Festival Kreatif Lokal yang akan diberikan pada malam “Gebyar Adira Kreasi” sebagai ajang pembuktian diri bagi pelaku UMKM yang bergerak di subsektor kuliner, fesyen, dan kriya, untuk menjadi yang terbaik, sekaligus menunjukkan bahwa kualitas jenama lokal Indonesia tidak kalah dari jenama luar negeri.

“Harapan kami, para pemenang ini dapat menjadi local heroes terbaik di tiap destinasi super prioritas, yang dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian daerah setempat dan juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Nia Niscaya menambahkan, semangat tumbuh bersama sahabat di “Festival Kreatif Lokal 2021” yang ingin disampaikan oleh Adira Finance sesungguhnya bukan hanya untuk pelaku UMKM di destinasi super prioritas, tapi harusnya selalu ada pada diri setiap insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Baca juga :   Menparekraf Dorong Pengembangan Wisata Edukasi di Ubud

Setelah menjalani proses seleksi dan coaching camp pada 1 September hingga 2 November 2021 terpilih 45 nominasi UMKM yang akan menjadi local heroes pada kategori bidang usaha fesyen, kuliner, dan kriya di tiap destinasi super prioritas.

Kriteria penilaian dalam pemilihan UMKM terbaik akan berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi dan misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan.

Pemenang mendapatkan hadiah senilai ratusan juta rupiah berupa modal usaha, pelatihan bisnis, eksposure di media mengenai produk dan usaha mereka, hingga diikutsertakan pada pameran UMKM diaspora. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here