Kemenhub Siapkan Pelabuhan Berstandar Kapal Pariwisata Dukung MotoGP Mandalika

Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (Istimewa)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap mendukung gelaran MotoGP seri Indonesia yang akan dilaksanakan pada18-20 Maret 2022.

Dukungan itu dalam bentuk menyiapkan sarana transportasi laut di Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, khususnya Terminal Penumpang Gili Mas.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo mentatakan pihaknya bersama PT Pelindo telah melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas.

“Pengembangan itu dilakukan untuk melakukan peningkatakan pelayanan dan fasilitas untuk kapal berstandar pariwisata termasuk Kapal Pesiar,” katanya dalam keterangan kementerian.

Saat ini, luas dermaga 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang, jadi terminal ini sudah cukup luas dan memadai.

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona, yakni Zona Petikemas dengan luas 6,06 hektare, Zona Logistik 1,18 hektare, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan 2,95 hektare, Zona Pariwisata/Marina 0,37 hektare, Zona Utilitas 0,83 hektare, Zona Pemerintah 0,5 hektare, Draft Alur dan Kolam-12 mLWS, serta Kapasitas Kontainer 1900 Teus.

Baca juga :   Tur Virtual Interaktif Bangkitkan Industri Pariwisata

Pradigdo mengungkapkan, saat ini di Pelabuhan Lembar sudah mulai sandar beberapa kapal berstandar pariwisata. Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan Surabaya-Lembar dan sebaliknya.

Menurut info yang dia peroleh dari para pengusaha saat ini sudah mulai ramai bookingan untuk Maret mendatang untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok.

“Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari PT Pelindo Cabang Lembar, mulai Februari hingga Desember 2022 akan ada beberapa kapal pesiar yang sandar di Terminal Gili Mas.

Kapal itu di antaranya Kapal Golden Horizon pada 17 Februari 2022, Kapal Norwegian Spirit 11 April 2022, Kapal Royal Princess 5 September 2022, Kapal Star Breeze datang dua kali pada 27 Oktober dan 29 Oktober 2022, Kapal Viking Orion 23 November 2022, Kapal Noordam 12 Desember 2022, Kapal Viking Mars 12 Desember 2022, serta Kapal Vasco Dagamma 31 Desember 2022.

Baca juga :   Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Pujon Kidul Jatim Mampu Sejahterakan Warga

“Kami selalu memastikan keselamatan dan kelayakan dermaga untuk sandar dan akan melakukan pengecekan sebelum kapal-kapal sandar,” tuturnya.

Pradigdo menjelaskan, selama ini ini ada tiga kapal yang beroperasi di Terminal Gili Mas, yaitu KM. Mutiara Timur I dengan kapasitas penumpang 360 orang, KM. Mutiara Barat dengan kapasitas penumpang 599 orang dan KM. Mutiara Sentosa III dengan kapasitas penumpang 684 orang.

“Sekarang ini kapal roro jarak jauh juga mengalami peningkatan. Apalagi menjelang gelaran MotoGP para pengusaha penyeberangan atau operator kapal jeli melihat potensi dan peluang yang ada,” paparnya.

Saat ini, ada empat kapal roro jarak jauh yang melayani rute Surabaya-Lembar yaitu Kapal Roro DLN Oasis, KM Batulayar, KM Egon, dan KM Kirana VII. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here