Kemenhub Pastikan Layanan BTS di Lima Kota Beroperasi Lagi

Armada busBTS di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. (Istimewa)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat siap mengoperasikan kembali layanan bus bersubsidi atau berskema Bus The Service (BTS) di lima kota besar mulai Minggu (16/1/2022).

Sebelumnya, layanan BTS di Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Surabaya, dan Bandung dihentikan sementara waktu dengan alasan evaluasi dan memperbaiki skema lelang pembelian layanan.

Menurut Direktur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, operasional BTS di lima kota besar yang lelangnya 2021 akhir, dihentikan sementara untuk menyesuaikan dengan peraturan dan regulasi yang mengalami perubahan.

“Dari lima kota besar yang awal tidak ada persoalan karena memang skemanya sudah multi years contract, tapi untuk yang 2021 akhir, ada perubahan skema lelangnya,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2021).

Baca juga :   KRL Solo-Jogja Sudah Layani Dua Juta Penumpang

Budi menjelaskan, dari umum menjadi sifatnya e-katalog, untuk itu diperlukan justifikasi penyesuaian persyaratan yang ada sehingga kita hentikan sebentar.

Saat awal, lanjutnya, Kemenhub memprediksi akan melakukan penyesuaian terhadap aturan baru dengan kurung waktu antara tiga sampai empat minggu.

Namun, Budi menambahkan, karena ada permintaan dari beberapa daerah penyelenggara layanan BTS yang sudah berkontak dengan vendor dan juga pihak pengemudi dan proses penyesuaian lelang multiyear bisa dipercepat.

“Akhirnya sudah ada pelaksanaan bahwa lelang untuk di lima kota besar yang berasal dari anggaran Perhubungan Darat sudah bisa dilaksanakan. Artinya secara de jure lima kota besar sempat kita hentikan sudah bisa melakukan kegiatan,” jelasnya.

Baca juga :   Kemenhub Catat 840.761 Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Pada H+2 Lebaran

Namun, Budi menuturkan, setelah ditantang untuk segera beraktivitas mulai hari ini, ternyata para operator memerlukan persiapan sehingga mereka meminta mulai Minggu (16/1/2022).

“Artinya, layanan BTS di lima kota akan kembali beroperasi secara bertahap mulai besok,” katanya. B

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here