Kemenhub Knowledge Sharing Dengan Departemen Perhubungan Amerika Serikat

Pelabuhan Belawan di Sumatra Utara. (dok. pelindo)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melakukan Knowledge Sharing dengan topik Optimalisasi Pekerjaan Pengangkutan Logistik.

Plt. Sekretaris Ditjen Hubla Kemenhub Lollan Panjaitan dalam sambutannya menyatakan, agenda acara Knowledge Sharing mengenai kebijakan Pengangkutan Logistik dari Departemen Perhubungan Amerika Serikat.

“Arus logistik merupakan elemen fundamental dalam pengelolaan transportasi dan selalu menjadi perhatian utama pemerintah. Di Indonesia, hal itu tercermin dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Ekosistem Logistik Nasional,” katanya.

Menurut Lollan, implementasi ekosistem logistik nasional juga merupakan terobosan karena akan menciptakan standar pelayanan yang transparan bagi importir, eksportir dan pengusaha logistik.

Sementara itu, Ekosistem Logistik Nasional melibatkan banyak pihak dalam proses pengembangan dan pelaksanaannya.

Baca juga :   Kemenhub Terus Berupaya Tekan Biaya Logistik Nasional

Pertama, dari pemerintah kemudian seluruh lembaga terkait telah berkoordinasi dengan baik untuk menyelaraskan proses bisnis dan sistem pelayanannya.

Penyederhanaan dan integrasi proses bisnis antarlembaga memerlukan berbagai penyesuaian regulasi. lembaga juga melakukan penyesuaian regulasi agar mampu mendukung Ekosistem Logistik Nasional dalam meningkatkan efisiensi logistik.

Lollan Panjaitan menyampaikan bahwa terdapat tiga program utama dalam Ekosistem Logistik Nasional, yakni Penyederhanaan proses bisnis layanan pemerintah di bidang logistik berbasis teknologi informasi untuk menghilangkan pengulangan dan duplikasi.

Kemudian, Kolaborasi sistem pelayanan logistik internasional dan domestik antara pelaku kegiatan logistik di lingkungan pemerintah dan swasta, dan terakhir Kemudahan transaksi pembayaran penerimaan negara dan fasilitasi pembayaran antarpelaku usaha yang terkait dengan proses logistik.

Baca juga :   Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak Saat Persiapan Angkutan Lebaran 2023

“Sebagai salah satu instansi yang bertanggung jawab dalam Program Ekosistem Logistik Nasional, Kementerian Perhubungan selalu bekerjasama dengan lembaga dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai target Ekosistem Logistik Nasional,” jelas Lollan.

Lebih lanjut Plt Sesditjen Hubla berharap adanya Knowledge Sharing ini dapat berdiskusi dan bertukar keahlian dan pengalaman tentang Pengoptimalan Logistik dengan Departemen Perhubungan Amerika Serikat.

“Pada pertemuan ini kita dapat memiliki diskusi yang bermanfaat tentang ekosistem logistik dan juga harapannya dapat menjalin kerja sama lebih lanjut di masa mendatang,” ungkapnya. B

 

Komentar