Kemenhub Kembali Raih Predikat Badan Publik Informatif Dari Komisi Informasi Pusat

Penghargaan yang diberikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Anugerah Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022. (dok. dephub.go.id)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini kembali meraih predikat badan publik informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Pada tahun 2022, Kemenhub mendapat nilai sebesar 98,05, naik dari tahun sebelumnya dengan nilai 92,97.

Peringkat Kemenhub juga meningkat menjadi peringkat ke-12, tahun sebelumnya meraih peringkat ke-20 dari total 372 badan publik yang dinilai.

Penghargaan diberikan dalam Anugerah Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022, yang diserahkan langsung oleh Menko Polhukam dan HAM Mahfud MD di Jakarta pada Rabu (15/12/2022).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hartanto mengungkapkan, selama empat tahun berturut-turut sejak 2019, Kemenhub berhasil mempertahankan predikat yang merupakan kategori tertinggi yang diberikan kepada badan publik.

“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan penyediaan informasi publik kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Hartanto menambahkan, sejumlah layanan informasi yang diberikan Kemenhub di antaranya menyajikan informasi yang terbuka untuk publik di media digital, seperti website dan aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Baca juga :   KAI Hadirkan Livery Khusus dan Ornamen HUT Kemerdekaan RI Ke-77

“Layanan informasi tersebut bersifat inklusif atau dapat diakses segala lapisan masyarakat, hingga kepada saudara kita para penyandang disabilitas. Kami menyediakan format permohonan informasi dengan huruf braille yang ramah bagi saudara kita yang tuna netra. Selain itu, kami juga menyediakan video layanan informasi publik yang menampilkan bahasa isyarat di website PPD Kemenhub,” tuturnya.

Sementara itu, Menko Polhukam dan HAM Mahfud MD saat menjadi pembicara kunci pada penganugerahan tersebut mengimbau seluruh badan publik untuk menjalankan kewajiban-kewajiban yang diamanatkan dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara baik.

“Akses informasi menjadi bagian penting dalam upaya melibatkan partisipasi publik pada setiap kebijakan yang dijalankan pemerintah,” ungkapnya.

Baca juga :   Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Garongkong

Dia berharap, seluruh badan publik dapat aktif menyampaikan informasi yang akurat dan terpercaya di tengah derasnya arus informasi media digital yang banyak mengandung berita tidak benar (hoax), yang diharapkan dapat memperkuat ketahanan nasional.

Monev 2022 dilakukan secara bertahap, dimulai dari pengisian kuesioner evaluasi diri, presentasi, hingga Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022.

Dari hasil monev, tercatat 122 badan publik atau 32,79% dari total badan publik mendapat kategori tertinggi yaitu informatif.

Selanjutnya sebanyak 39 badan publik meraih kategori menuju informatif, 24 cukup informatif dan 29 kurang informatif.

Adapun badan publik yang masuk dalam monev antara lain dari unsur kementerian, Lembaga Negara-Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LN-LPNK), Lembaga Non Struktural (LNS), pemerintah provinsi, BUMN, perguruan tinggi negeri, serta partai politik. B

 

 

 

Komentar