Kemenhub Dukung Upaya Pelaku Usaha Pelayaran Kembangkan Potensi Wisata Bahari

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri INSA Yacht Festival yang diselenggarakan oleh Indonesian National Shipowners Association (INSA) di Pelabuhan Benoa Bali, Jumat (7/10/2022). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya yang dilakukan pelaku usaha pelayaran untuk turut serta mengembangkan potensi wisata bahari di Indonesia, seperti pengembangan usaha kapal yacht dan kapal cruise.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, mulai pulihnya kembali sektor pariwisata setelah pandemi menjadi momen yang baik untuk mengenalkan transportasi laut, di antaranya kapal yacht dan kapal cruise.

“Pelayaran dengan kedua jenis kapal itu dapat mendukung kemajuan wisata bahari di Indonesia,” ujarnya saat menghadiri kegiatan INSA Yacht Festival yang diselenggarakan oleh Indonesian National Shipowners Association (INSA) di Pelabuhan Benoa Bali, Jumat (7/10/2022).

Menhub mengapresiasi inisiatif dari INSA selaku asosiasi yang mewadahi para pelaku bisnis pelayaran yang telah melakukan upaya untuk mengembangkan wisata bahari di Indonesia.

Baca juga :   Potensi Wisata Kabupaten Bogor Jadi Sumber Daya Yang Berharga

Apalagi, lanjutnya, saat ini pemerintah tengah mengembangkan sejumlah destinasi wisata di beberapa daerah yang berpotensi dikembangkan wisata bahari, di antaranya, yaitu Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, Bali, dan lain sebagainya.

“Pesan saya, ekosistem tentang kapal yacht dan kapal cruise harus dipelajari secara mendalam peluang dan tantangannya bersama para pelaku usaha pelayaran, untuk mencari pendekatan mana yang paling cepat bisa dikembangkan. Pemerintah akan mendukung dengan memberikan kemudahan regulasi untuk investasi,” tuturnya.

Terkait dengan dukungan regulasi, Kemenhub telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 4 Tahun 2022 tentang Pelayanan Kapal Wisata Asing (Yacht) dan Kapal Pesiar (Cruise Ship) Asing di Perairan Indonesia.

Dengan membuka sebanyak 28 pelabuhan embarkasi dan debarkasi Kapal Wisata Asing (Yacht) dan sebanyak 10 pelabuhan embarkasi dan debarkasi Kapal Pesiar (Cruise Ship) Asing.

Baca juga :   Komisi V DPR Setujui Pagu Anggaran Kemenhub Tahun 2023 Sebesar Rp33,44 Triliun

INSA Yacht Festival (IYF) 2022 merupakan hasil kolaborasi antara DPP INSA dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, yang menjadi bagian dari side event B20 yang puncaknya akan diselenggarakan pada November mendatang.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk mempromosikan industri wisata bahari di Indonesia dan mengenalkan kapal yacht yang bisa digunakan para wisatawan untuk menikmati keindahan laut di sejumlah destinasi wisata bahari di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, dan Ketua INSA Carmelita Hartoto. B

 

 

Komentar

Bagikan