Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut dengan Sediakan Ribuan Kuota

Kapal laut membawa para pemudik yang menggunakan motor tahun 2023. (dok. hublakemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) kembali melaksanakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut untuk tahun 2024.

Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idulfitri dan mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menyatakan, sangat bersemangat untuk kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut.

Program ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, terutama selama periode Lebaran.

“Kami berharap program ini dapat memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga tanpa harus merasa khawatir akan biaya dan kenyamanan perjalanan,” ujarnya.

Capt. Antoni mengungkapkan, pendaftaran untuk program Mudik Gratis ini dibuka mulai tanggal 13 Maret 2024 hingga 7 April 2024 melalui website resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Melalui platform tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket mudik gratis,” jelasnya.

Baca juga :   Pemesanan Tiket Lebaran H-3 Diserbu Masyarakat untuk Mudik

Dengan total kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan.

“Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya,” ungkapnya.

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5 April dan 7 April, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13 April dan 15 April 2024.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap bahwa program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik mereka. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta kondisi perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat,” tuturnya.

Berikut persyaratan pendaftaran mudik gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut:

  1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK
  2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.
  4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:
  • Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok – Jakarta Utara.
  • Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu.
  • Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).
  1. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No. 30, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. B
Baca juga :   Menhub Lepas Keberangkatan Penumpang Mudik Gratis dengan Bus

 

Komentar