Kemenhub Berangkatkan Peserta Mudik Gratis Nataru Ke 11 Kota

Saat pelepasan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke 11 kota tujuan. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) ke 11 kota, yakni ke Kota Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun.

Adapun program ini dimaksudkan untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, karena masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan akhir tahun.

Pelepasan pemberangkatan bus dilakukan oleh Inspektur 1 Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan Danto Restyawan beserta jajaran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur Sabtu (23/12/2023).

“Kegiatan dengan tema ‘Transportasi Aman Liburan Nyaman’ ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan,” ujar Inspektur Amin saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan.

Baca juga :   Alena Wu Rayakan Malam Imlek Bersama Grand Mercure Malang Mirama dengan Mewah dan Meriah

Lebih lanjut dia menyampaikan selain dari adanya keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Angkutan Perkotaan Iman Sukandar dalam laporannya menuturkan kegiatan mudik gratis angkutan jalan Nataru ini berdasarkan rencana dan operasi memiliki total kuota mudik sebanyak 3.600 peserta.

Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, yang terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

Baca juga :   Swiss-Belinn Modern Cikande Sukses Adakan Lomba Mewarnai Bersama Bernie

“Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kampung. Rambutan, sedangkan sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur,” jelas Iman.

Kemudian, dia berharap penyelenggaraan mudik gratis angkutan jalan ini diberikan kelancaran dan keselamatan selama perjalanan dan tiba di tempat tujuan masing-masing dengan penuh kebahagiaan.

“Kami titip salam kepada keluarga peserta mudik di kampung halaman dan kami ucapkan selamat berlibur dan berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga, transportasi aman liburan nyaman,” tutur Iman. B

Komentar