Kemenhub akan Optimalkan Fungsi Bandara Kertajati

Bandara Kertajati
Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melakukan optimalisasi fungsi Bandar Udara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat melalui beberapa perencanaan agar bandara dapat berfungsi lebih optimal dan efisien.

Upaya awal adalah dengan mengembalikan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat ke Bandara Kertajati.

Tujuan dari hal itu untuk menata kembali rute penerbangan di kedua bandara tersebut. Selain itu, juga dapat menanggulangi kepadatan di Bandara Husein Sastranegara.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, pihaknya telah mengambil langkah untuk memperlancar proses penataan rute terhadap dua bandara itu.

“Kami telah meminta kepada stakeholder terkait untuk mempersiapkan sarana dan prasarana bandara, penyesuaian izin bagi Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal, penataan rute dan koordinasi perubahan slot penerbangan,” ujar Novie dalam laman hubud.dephub.go.id.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Terima Penghargaan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 2022

Dia menjelaskan, setelah penataan rute penerbangan tersebut selesai diharapkan kepada seluruh stakeholder penerbangan wajib segera menyosialisasikan secara intensif kepada masyarakat terkait penataan rute tersebut, sehingga dapat terinformasikan secara baik.

Yang kedua, Kemenhub berusaha mengoptimalkan konektivitas antara Bandara Kertajati dengan Pelabuhan Patimban. Kedua infrastruktur transportasi ini diharapkan menstimulir arus barang jasa dan logistik di kawasan industri yang ada di Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Selain itu, Dirjen Novie menambahkan bahwa konektivitas tersebut dapat lebih lancar apabila jalur akses Tol Cisumdawu rampung dikerjakan. B

Komentar

Bagikan