KEK Morotai Mampu Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, serta pemda terkait saat menghadiri Peletakan Batu Pertama Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, Jumat (25/11/2022). (dok. kemenparekraf)

Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai diharapkan mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, KEK Morotai memiliki keunggulan geo strategis, historis dan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang memesona.

“KEK Morotai akan dilengkapi fasilitas bagi UMKM berupa ekonomi kreatif center dan juga Falila Loft Studio yang nantinya akan menjadi unit apartemen,” katanya saat menghadiri Peletakan Batu Pertama Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, Jumat (25/11/2022).

Menurut Sandiaga, hal ini sebagai upaya membangkitkan perekonomian dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.

Pengembangan ini, lanjutnya, akan membangkitkan ekonomi, menyejahterakan masyarakat dan juga mengacu pada prinsip sustainable tourism.

“Karena nanti mengembangkan industri ramah lingkungan dan bagian dari percepatan membuka 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 yang menjadi target kita, saya selalu berjuang untuk ini,” ujarnya Sandiaga.

Baca juga :   Kemenparekraf Akan Umumkan Lima Champion UMKM Terbaik

Menparekraf pun mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang telah mengembangkan KEK Morotai dengan inovasi teknologi panel surya terbaru dari Jepang.

“Saya berterima kasih juga dengan terobosan, yaitu uji coba teknologi panel surya yang terbaru dari Jepang, jadi nanti kita bisa juga melebel ini sebagai green energy, green economy atau green tourism. Ini adalah pelopor penggunaan energi bersih, energi baru, dan terbarukan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya menargetkan terciptanya 4.000 lapangan kerja dalam mengembangkan KEK Morotai.

“Terima kasih atas komitmennya Pak Menparekraf yang telah hadir di KEK Indonesia, termasuk KEK Morotai. Kami mohon doa dan support untuk mendukung Marotai, yang kami percaya Morotai akan menjadi luar biasa,” ungkapnya.

Baca juga :   Kemenparekraf Dorong Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan

Pj Bupati Pulau Morotai Umar Ali juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah menjadikan Pulau Morotai menjadi KEK.

Dia berharap KEK Morotai dapat berdampak pada terbukanya peluang pekerjaan seluas-luasnya.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo yang menyatakan Morotai sebagai pusat ekonomi nasional. Kami percaya KEK ini akan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan Falila Square menjadi simbol investasi dan KEK di Morotai,” kata Umar. B

 

 

Komentar