Keberhasilan Kabupaten Tangerang Lampaui Target UHC

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Banten yang digelar di Hotel Horison Kota Tangerang. Rabu, (8/3/2023). (dok. tangerangkab.go.id)

Kabupaten Tangerang melampui target Universal Health Coverage (UHC) yang dipersyaratkan, yaitu 95% dan pencapaian wilayah di Provinsi Jawa Barat ini sebesar 95,37%.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyatakan hal itu saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Banten yang digelar di Hotel Horison Kota Tangerang. Rabu, (8/3/2023).

Dalam paparannya yang berjudul pembahasan terkait transformasi pembiayaan kesehatan, Bupati Zaki mengatakan bahwa Kabupaten Tangerang telah berhasil meraih UHC dengan capaian lebih dari 95% pada Oktober 2022.

“Atas capaian tersebut, Kabupaten Tangerang meraih piagam penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan Pusat bertepatan dengan HUT Kabupaten yang ke-390 yang lalu,” ujarnya.

Kemudian, pada Maret 2023, pencapaian Kabupaten Tangerang adalah 98,35% atau sekitar 3.163.318 peserta, sedangkan untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD mencapai 154.528 peserta.

Baca juga :   Pemerintah Gelontorkan Bantuan Dana Rp399,5 Miliar ke PSSI untuk Piala Dunia U-17

Bupati Zaki menambahkan, untuk pembiayaan atau APBD yang dialokasikan untuk bidang kesehatan di Kabupaten Tangerang lebih dari 10%.

Sebelum ada program BPJS, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah memiliki program Jamkesda untuk warga Kabupaten Tangerang yang kurang mampu.

“Saya harap kepada seluruh jajaran dan stakeholders bidang kesehatan di Provinsi Banten untuk lebih solid lagi dan lebih saling berkoordinasi lebih baik untuk mencapai tujuan kita bersama demi masyarakat Banten yang lebih sehat,” jelasnya.

Selain Bupati Zaki, hadir sebagai narasumber antara lain Wali Kota Tangerang dan Wali Kota Tangerang Selatan yang memaparkan materinya dalam sesi yang berbeda.

Rapat kerja kesehatan Daerah Provinsi Banten tersebut dibuka langsung oleh Pj. Gubernur Banten Al muktabar yang didampingi oleh Perwakilan Unsur Forkopimda Provinsi Banten dan dihadiri juga oleh para kepala daerah se-Provinsi Banten. B

Baca juga :   Ditjen Hubla Optimalkan Pendataan Kendaraan Dinas dengan Aplikasi SIKENDI

 

 

Komentar