Kapal KM Dobonsolo Angkut 2.092 Pemudik Pesepeda Motor Arus Balik dari Semarang ke Jakarta

KM Dobonsolo yang mengangkut penumpang mudik Lebaran 2023. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirtjen Hubla) sore ini Jumat (28/4/2023) kembali melepas sekitar 2.000 peserta arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Pelepasan ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno didampingi Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup Capt. Antoni Arif Priadi, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili Kasubdit Data dan Sistem Informasi Eko Sudarmanto, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Herwanto dan para pejabat, serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Sore ini, kapal KM Dobonsolo kembali mengangkut para pemudik gratis sepeda motor sebanyak 2.092 orang penumpang dan 847 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” ujar Sumarno di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (28/4/2023).

Sebelumnya, tepatnya pada Selasa (25/4/2023), kapal KM. Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni juga telah mengangkut sebanyak 1.083 penumpang dan 481 sepeda motor yang merupakan peserta pemudik gratis sepeda motor dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca juga :   Ada 4.200 Orang Nikmati KACJB Gratis untuk Uji Coba Tahap Pertama

Menurut Sumarno, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal Ini sangat bagus dan membantu sekali, khususnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya yang akan kembali ke Jakarta.

Selain itu, mudik dengan kapal ini juga lebih aman dan nyaman sebab selain gratis, para pemudik juga dapat fasilitas makan dua kali, asuransi dan fasilitas lainnya seperti pengobatan dan hiburan di atas kapal.

“Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang menggunakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, karena sangat membantu dalam mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama lebaran,” jelasnya.

Dengan naik kapal ini, Sumarno menambahkan, mereka bisa  istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang nanti bisa melanjutkan perjalanan ke kota masing-masing.

Sementara itu, menurut Staf Ahli Menhub Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup Capt. Antoni Arif Priadi, untuk yang kedua kalinya, kapal KM Dobonsolo kembali mengangkut ribuan penumpang arus balik yang merupakan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan merupakan voyage terakhir pada penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2023.

Baca juga :   APK Lakukan Direct Agent Dengan Tiga Maskapai Penerbangan

Alhamdullilah, sampai sore ini penyelenggaraan angkutan mudik dan angkutan balik gratis sepeda motor dengan kapal telah berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Capt. Antoni berharap agar para peserta arus balik mudik gratis ini untuk tetap menjaga keselamatan dan dihimbau kepada para pemudik agar tidak berdiri di pinggir-pinggir kapal, serta tidak merokok sembarangan, karena bisa membahayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan di kapal.

Selanjutnya, dia juga mengatakan atas nama pemerintah, Kemenhub cq Ditjen Hubla mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kepadatan dan kecelakaan di jalan raya.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut merupakan salah satu dukungan Kemenhub cq Ditjen Hubla untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2023, yaitu Mudik Aman Berkesan. B

 

Komentar