Kantor UPB Bandara Kolonel RA Bessing Lakukan Pelatihan Parsial PKP-PK

Pelatihan Parsial Pertolongan Kecelakaan Penerbanga dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK) di Bandara RA Bessing Malinau. (Istimewa)
Bagikan

Kantor Unit Penyelenggara Bandara (UPB) Kelas III Kolonel Robert Atty Bessing di Malinau, Kalimantan Utara melakukan serangkaian Pelatihan Parsial Pertolongan Kecelakaan Penerbanga dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK).

Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk keselamatan penerbangan, mengingat hal itu merupakan sistem utama yang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah sebagai regulator/fasilitator, pengelola bandara sebagai penyedia prasarana, maupun oleh perusahaan penerbangan sebagai operator.

Ketiga sistem inilah yang menentukan kualitas dan kuantititas sistem transportasi udara serta keselamatan penerbangan, karena keselamatan penerbangan adalah keadaan yang terwujud dari penyelenggaraan penerbangan yang sesuai dengan prosedur operasi dan persyaratan kelaikan teknis terhadap sarana dan prasarana penerbangan beserta penunjangnya.

Kabandara Kolonel Robert Atty (RA) Bessing Malinau Mustaji dalam video pelatihan tersebut terlihat memberikan arahan kepada para peserta pelatihan, mengingat setiap komponen subsistem bandara dalam melakukan kegiatan operasinya tetap harus mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Baca juga :   AP II dan Telkomsel Kolaborasi Perluas Akses Layanan 5G di Bandara Soekarno-Hatta

Menurutnya, kecelakaan penerbangan, seperti misalnya pesawat udara yang gagal melakukan take-off atau landing, serta insiden kebakaran yang terjadi di bandara harus cepat mendapat penanganan agar penyelenggaraan operasi penerbangan tidak terganggu.

Pelatihan PKP-PK Bandara RA Bessing dimulai dari informasi terjadinya kecelakaan pesawat hingga mengakibatkan adanya kebakaran. Mobil pemadam kebakaran dan ambulance yang sudah dipersiapkan menuju menuju area kebakaran.

Usai dibentangkan pita pembatas lokasi kebakaran oleh petugas keamanan agar warga tidak mendekat, lalu petugas pemadam kebakaran berseragam kuning dan jingga mempersiapkan selang-selang berisi air untuk memadamkan api.

Terdapat dua selang air tersedia yang masing-masing dari selang air itu dipegang oleh dua orang petugas pemadam kebakaran. Secara terus menerus mengarahkan selang air ke lokasi kebakaran.

Baca juga :   Gubernur Kalteng Wajibkan Tes PCR Bagi Penumpang Pesawat

Pelatihan itu juga tentang cara menyelamatkan korban akibat kecelakaan pesawat, dengan terlebih dahulu meletakkan korban di lokasi yang lebih aman dan melakukan pengobatan tahap awal, sebelum selanjutnya korban dibawah ke ambulance untuk menuju rumah sakit terdekat.

Ucapan terima kasih disampaikan dalam video Pelatihan PKP-PK tersebut kepada Kasubsi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Kolonel RA Bessing Malinau Heru Sukmana dan Instruktur Lapangan dari Badara Juwata Tarakan Asyraf Gozali dan Zainal Abidin. B

 

 

Komentar

Bagikan