Kantor Otban Wilayah X Meruake Fokus Tingkatkan Kualitas Keselamatan dan Keamanan Penerbangan serta Kegiatan Angkutan Udara Perintis

Kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) I Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 di Yogyakarta. (dok. otbanxmerauke)

Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah X Merauke terus fokus pada peningkatan kualitas keselamatan dan keamanan penerbangan di wilayahnya, serta melakukan kegiatan angkutan udara perintis.

Apalagi, kantor Otban Wilayah X Merauke memiliki paling banyak koordinator wilayah (korwil) angkutan udara perintis di Indonesia, yang antara lain Korwil Timika, Elelim, Oksibil, Tanah Merah, dan Korwil Merauke.

Bahkan, menurut Kepala Kantor Otban X Merauke Asep Kosasih Samapta, ada lebih dari 50 rute.

“Otban Wilayah X Merauke mempunyai tugas pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan kegiatan angkutan udara perintis, baik untuk penumpang maupun kargo,” katanya.

 

Asep Kosasih menjelaskan, kebutuhan rute angkutan udara perintis merupakan usulan dari pemerintah daerah setempat, karena masih ada daerah yang relatif sulit terjangkau dengan transportasi, sehingga pilihan transportasi udara menjadi paling tepat dan efisien waktu, serta biaya.

Baca juga :   RI-Malaysia Sepakati Dua MoU Industri Pertahanan di LIMA 2023

“Kami melakukan inventarisasi, menelaah dan memformulasikan bersama semua hal yang terkait dengan kebutuhan daerah, baik itu dengan direktorat teknis, pemerintah daerah, para korwil dan stakeholder lainnya agar tepat sasaran, efisien serta efektif,” jelasnya.

Asep Kosasih yang mengawali rintisan karir dengan menempuh pendidikan di PLP Curug Co RTL 23 tahun 1994 ini menjalankan tugas pada lokasi penugasan yang cukup lengkap dari Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam hingga ke seluruh tanah Papua, mulai dari kawasan Sorong Raya (wilayah Otban IX) sampai dengan kawasan Merauke (wilayah Otban X).

“Hal pokok yang menjadi fokus saya adalah kegiatan angkutan udara perintis, karena benar-benar dirasakan masyarakat yang membutuhkan, pemikiran taktis strategis yang penuh kedinamikaan, syukur-syukur menjadi catatan ladang ibadah nantinya,” tuturnya.

Baca juga :   Presiden Jokowi Perintahkan Dua Menteri Selesaikan Masalah Harga Tiket Pesawat

Maka dari itu, Asep Kosasih yang pernah menjadi Kepala Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara (BLU UPBU) Kelas I Radin Inten II Lampung ini berharap output yang diharapkan dari kegiatan angkutan perintis ini adalah sebagai aksi nyata memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan transportasi udara di daerah 3TP.

Selain itu, Kantor Otban Wilayah X Merauke juga melakukan teknis pengaturan, pengendalian dan pengawasan dengan terbagi dalam lima bidang kerja, yakni Angkutan Udara, Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Keamanan Penerbangan, Bandar Udara, dan Navigasi Penerbangan.

“Selain melaksanakan pengawasan secara rutin dan adapula pengawasan yang dilakukan secara tidak terjadwal ketika ada aduan masyarakat atau ketika ditemukan ketidaksesuaian layanan saat sedang tidak bertugas,” ujar Asep Kosasih. B

 

 

Komentar