Kampus Kemenhub Dorong Lulusannya Jadi Agent Of Change

Saat wisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Politeknik Pelayaran Sumatra Barat di Padang Pariaman pada Rabu. (17/5/2023). (dok. kemenhub)

Penguatan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan, serta Teknologi (Iptek) dalam bidang pelayaran merupakan salah satu strategi untuk  melangkah lebih maju dalam melindungi lingkungan laut sebagai aset manusia yang paling berharga.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono saat mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Politeknik Pelayaran Sumatra Barat di Padang Pariaman pada Rabu. (17/5/2023)

“Ini sesuai dengan tema wisuda kali ini, yaitu Move towards for a Brighter Future Together to Protect and Preserve the Marine Environment, dimana tema ini merefleksikan sejarah panjang upaya untuk melindungi lingkungan laut dari dampak pelayaran melalui peraturan yang kuat dan komitmen yang berkelanjutan,” ujarnya.

Djoko menambahkan, lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harus turut ambil andil dalam mencetak SDM transportasi yang memiliki kompetensi dan profesional sehingga dapat memelihara safety, security and protection of the maritime environment, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Pelayaran.

Baca juga :   Wisuda Perwira Transportasi Udara Poltekbang Makassar Akan Jadi SDM Transportasi yang Unggul dan Inovatif serta Adaptif

“Para wisudawan harus menjadi Agent of Change yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing tinggi, sehingga dapat berkontribusi dalam memelihara dan meningkatkan keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim kedepannya,” jelasnya.

Pada akhir sambutannya, Kepala BPSDMP berpesan bahwa menjadi seorang pelaut kedepannya akan menghadapi banyak tantangan salah satunya adalah masa transisi dari era Industri 4.0 menjadi era Society 5.0, dengan kemajuan teknologi di seluruh bidang kehidupan akan bertransformasi lebih cepat.

Para Perwira Pelayaran Niaga lulusan Poltekpel Sumatra Barat yang telah dibekali dengan interpersonal skill yang baik harus mampu membangun personal branding dengan menunjukkan sisi profesionalitas, kompetensi, serta memiliki karakteristik.

“Tetap jaga semangat kalian agar dapat terus berkarya dan open minded, serta senantiasa memiliki leadership dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat.

Jadi, lanjutnya, nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) yang menjadi slogan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dapat diwujudkan.

Baca juga :   Kemenhub Tingkatkan Kualitas Diklat Kepelautan Dukung Kemajuan Industri Maritim Indonesia

Direktur Politeknik Pelayaran Sumatra Barat Capt. Wisnu Risianto dalam laporannya menegaskan, para Perwira Pelayaran Niaga yang diwisuda kali ini merupakan lulusan dari Program Diploma III Studi Nautika.

Program ini ada sebanyak 56 wisudawan, DIII Teknologi Nautika sebanyak 53 wisudawan dan lulusan Program Diploma IV Transportasi Laut sebanyak 3 wisudawan.

Para wisudawan berhak memperoleh Ijazah Diploma III Nautika dengan gelar Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra) dan ijazah profesi Ahli Nautika Tingkat III (ANT III); Ijazah Diploma III Teknologi Nautika dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T) dan ijazah profesi Ahli Teknika Tingkat III (ATT III), serta Ijazah Diploma IV Transportasi Laut dengan gelar Sarjana Terapan Transportasi (S.Tr.Tra).

Turut hadir pada Wisuda Perwira Pelayaran Niaga ini, para orang tua wisudawan, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Kepala Pusat SDM Aparatur Perhubungan, para Direktur Politeknik dan Ketua Sekolah Tinggi di lingkungan Kemenhub, serta tamu undangan dari unsur Forkompinda. B

 

Komentar