KAI Tambah 49 Perjalanan KA Jarak Jauh Layani Long Weekend Paskah

Kereta Api (KA) Jarak Jauh kelas Eksekutif siap berangkat dari stasiun. (dok. kai.id)

Mengantisipasi lonjakan penumpang di masa long weekend Libur Wafat Yesus Kristus atau Paskah (29-31 Maret 2024), PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan 924 KA jarak jauh atau rata-rata 231 perjalanan KA Jarak Jauh pada periode Kamis (28/3/2024) hingga Minggu (31/3/2024).

Terdapat penambahan 49 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya, yaitu Kamis (21/3/2024) sampai dengan Minggu (24/3/2024) sebanyak 875 KA Jarak Jauh.

Berikut 49 perjalanan KA Jarak Jauh yang ditambah:
– 6 perjalanan KA Sembrani Tambahan relasi Gambir – Surabaya Pasarturi pergi pulang (pp)
– 5 perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta pp
– 5 perjalanan KA Lodaya Tambahan relasi Bandung – Solo Balapan pp
– 4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon pp
– 4 perjalanan KA Manahan/Manahan Tambahan relasi Gambir – Solo Balapan pp
– 3 perjalanan KA Gajayana Tambahan relasi Gambir – Malang pp
– 3 perjalanan KA Ciremai relasi Bandung – Semarang Tawang Bank Jateng pp
– 3 perjalanan KA Brantas Tambahan relasi Pasarsenen – Blitar pp
– 3 perjalanan KA Kertajaya Tambahan relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp
– 3 perjalanan KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasarsenen – Kutoarjo pp
– 2 perjalanan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi – Ketapang pp
– 2 perjalanan KA Argo Merbabu Tambahan relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp
– 2 perjalanan KA Purwojaya Tambahan relasi Gambir – Cilacap pp
– 2 perjalanan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto – Malang pp
– 2 perjalanan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp

Baca juga :   Kemenhub Sosialisasikan Permenhub di Bidang Transportasi Laut Tahun 2023

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir Maret 2024.

Periode tersebut juga berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya jauh-jauh hari sebelum Lebaran.

“Penambahan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (27/3/2024) siang, total tiket KA yang terjual pada Kamis (28/3/2024), yaitu sebanyak 76.281 tiket.

Jumlah tiket yang terjual tersebut meningkat 14% dibandingkan dengan pekan sebelumnya, pada Kamis (21/3/2024) jumlah tiket yang terjual sebanyak 67.039 tiket.

Jumlah tiket yang terjual untuk keberangkatan Kamis (28/3/2024) masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung.

Baca juga :   KAI Pasang Livery G20 Di Kereta Api Semarakkan Presidensi G20 Indonesia

Adapun update jumlah tiket yang terjual untuk periode 28-31 Maret adalah sebanyak 274.769 tiket atau 45% dari total tiket yang disediakan sebanyak 606.432 tiket.

“Calon pelanggan yang ingin menggunakan kereta api pada long weekend ini namun belum memiliki tiket, dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” tutur Joni.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Bandung – Blitar pp, Surabaya – Banyuwangi pp, dan relasi lainnya.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan mengantar pelanggan dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya, sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan,” jelas Joni. B

 

Komentar