Indonesia dan Singapura Bahas Peningkatan Kerja Sama Sektor Transportasi

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Pemerintah Singapura melakukan pertemuan untuk membahas peningkatan kerja sama sektor tranaportasi antarkedua negara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Singapura untuk bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Mr. Iswaran pada Senin (13/2/2023).

Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal terkait upaya peningkatan kerjasama kedua negara, khususnya di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor transportasi.

“Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini sudah terjalin baik dan kedua negara sepakat untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan, serta membuka sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi,” ujar Menhub.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub bersama dengan Mr. Iswaran menyaksikan penandatanganan dokumen antara Kemenhub dengan Kementerian Transportasi Singapura, sebagai tindak lanjut dari perjanjian Flight Informqtion Region (FIR) kedua negara pada tahun 2022.

Baca juga :   Ditjen Hubud Apresiasi Pembukaan Rute Manado-Tokyo Narita

“Ini merupakan upaya bersama kedua negara untuk meningkatkan keselamatan, keteraturan dan efisiensi pengelolaan ruang udara di kawasan kedua negara. Langkah ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk mengimplementasikan perjanjian FIR yang telah ditandatangani tahun lalu,” jelas Menhub.

Dalam kunjungannya ke Singapura, Menhub juga sempat mengunjungi pelabuhan logistik di Singapura.

“Kami ingin mencari referensi desain dan teknologi terkini untuk pengembangan pelabuhan di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, terkait pengembangan SDM sektor transportasi, Menhub mendorong dilaksanakannya program-program praktik kerja lapangan untuk sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Menhub mengapresiasi salah satu program praktik kerja lapangan yang sudah dijalankan di Atase Perhubungan Singapura, dengan program tersebut memberikan kesempatan bagi Perwira atau Taruna/i untuk mendapatkan pengalaman selama enam bulan bekerja di kantor Atase.

Baca juga :   Bandara Komodo Buka Jaringan Intra-Flores Dengan Bandara Soa Bajawa

“Program ini sangat baik, karena selain menimba ilmu di sekolah, mereka memiliki pengalaman langsung bekerja di lapangan dengan lingkup internasional,” ungkapnya.

Selain itu, Menhub juga sempat bertemu dengan WNI yang ada di Singapura dalam acara kumpul bersama komunitas pesepeda “Ride Love”, bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo dan Atase Perhubungan di Singapura Diaz Saputra.

Turut hadir dalam kunjungan kerja, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha. B

Komentar