INACA dan Direktur DKPPU Bahas Regulasi UPRT

Tim Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengadakan pertemuan dengan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Capt. M. Mauludin di kantor DKPPU Kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/1/2023). (dok. inaca.or.id)

Tim Indonesia National Air Carriers Association (INACA) atau merupakan sebuah Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia bersama dengan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Capt. M. Mauludin mengadakan pertemuan di kantor DKPPU Kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/1/2023).

Jajaran Tim INACA terdiri dari Dewan Pembina Capt. Christian Bissara, Wakil Ketua Umum I Arief Wibowo, Sekretaris Jenderal Bayu Sutanto, Wakil Sektretaris Jenderal Capt. Dharmadi, dan Staf Khusus Capt. Didit Dwiyanto.

Pertemuan tersebut membahas tentang regulasi keselamatan penerbangan terkait Upset Prevention Recovery Training (UPRT) di Indonesia.

Seperti diketahui, regulasi terkait UPRT hingga saat ini belum diatur di Indonesia.

UPRT merupakan regulasi keselamatan penerbangan yang merupakan mandatory dari Organisasi Penerbangan Internasional (ICAO).

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Tanam Pohon Penahan Abrasi di Wilayah Kawasan Penyangga Bandara

Untuk itu sebagai anggota ICAO, sudah seharusnya Indonesia mengadopsi aturan terkait UPRT.

Selain terkait dengan keselamatan, secara lebih luas UPRT juga berhubungan dengan aspek bisnis penerbangan.

Pabrik pesawat akan lebih senang melepaskan pesawatnya kepada maskapai di suatu negara yang telah memiliki aturan mengenai UPRT, karena tingkat keselamatannya menjadi lebih tinggi.

Dalam pertemuan dengan tim INACA, Direktur DKPPU Capt. M. Mauludin menyatakan, DKPPU mendukung kerja sama INACA dengan Airbus dalam menjalankan program UPRT Introduction pada Februari 2023.

Kegiatan tersebut akan mengikutsertakan sekitar 40 Pilot Instructor dan Inspector dari DKPPU/ KPPU, maskapai penerbangan dan training center.

Terkait dengan UPRT, INACA juga membangun kerja sama dengan pabrik pesawat Airbus untuk melaksanakan UPRT Demonstration session.

Acara ini rencananya akan dilaksanakan pada 15-22 Februari 2023 dengan menggunakan simulator dari Lion Group Training Center dan boleh diikuti oleh semua maskapai anggota INACA.

Baca juga :   Trafik Penumpang Angkasa Pura Airports Tumbuh 6%

UPRT Demonstration Session ini juga merupakan tindak lanjut dari acara UPRT Training yang diselenggarakan oleh Airbus secara online pada 7 Februari dan 14 Februari 2022.

Saat ini, tengah dilakukan pembicaraan secara maraton antara tim dari INACA dengan tim dari Airbus terkait proses pelaksanaan UPRT Demonstration Session tersebut.

INACA dan Airbus sama-sama menganggap penting terkait UPRT dan dengan adanya acara ini juga menandakan bahwa UPRT sangat perlu untuk diatur dan dilaksanakan di Indonesia. B

Komentar