Ditjen Perhubungan Laut Tingkatkan Kompetensi Duta Pelayanan Publik

Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Duta Pelayanan Publik di Balikpapan, Senin (17/10/2022). (dok. hubla.dephub.go.id)
Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Duta Pelayanan Publik dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara pelayanan publik yang juga merupakan pemenuhan aspek reformasi birokrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Ditjen Hubla Kemenhub Lollan Panjaitan menyatakan, para duta pelayanan publik di lingkungan Ditjen Hubla harus melaksanakan pelayanan publik dengan mengutamakan nilai pelayanan (Service Value) Hospitable Spirit yang mempunyai arti hospitable, safe dan secure, pleasant dan comfort, integrity, responsive, serta integrated dan traceable.

Service Value itu merupakan rumusan janji pelayanan yang ditujukan untuk melihat bentuk proses pelayanan yang akan diterima oleh pengguna jasa,” katanya dalam sambutan saat membuka kegiatan Bimtek tersebut di Balikpapan, Senin (17/10/2022).

Atas dasar penerapan Service Value pada unit penyelenggara pelayanan publik yang kemudian diaplikasikan oleh SDM penyelenggara pelayanan publik, maka dapat mencerminkan unit kerja tersebut memiliki mutu pelayanan dengan kualitas baik.

Baca juga :   Presiden Jokowi Tandatangani Perpres tentang FIR untuk Kedaulatan Ruang Udara Indonesia

“Saya berharap dalam pelaksanaan nilai pelayanan Hospitable Spirit, para Duta Pelayanan Publik pada unit kerjanya masing-masing dapat menerapkan pedoman yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Dirjen Hubla Nomor KP.1032/DJPL/2021 tentang Simbol dan Slogan Pelayanan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,” jelas Lollan.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan para Hospitable Trainer yang berkompeten untuk dapat berbagi memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai bagaimana cara membangun budaya layanan publik yang prima dan selaras dengan nilai pelayanan Hospitable Spirit.

Melalui kegiatan bimtek ini, Lollan menambahkan, para trainer mengajarkan beberapa hal, antara lain tentang profesionalisme dalam bekerja, service mindset dan service value yang akan membentuk citra diri menjadi lebih baik.

Selain itu, lanjutnya, cara berpenampilan dan beretika dalam berinteraksi juga disampaikan, baik dengan pengguna jasa maupun lingkungan sekitar yang tidak terlepas sebagai insan pemerintahan.

“Saya berharap dengan mengikuti kegiatan bimtek ini seluruh peserta dapat mengambil ilmu dan pengalaman dari para trainer, sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik yang prima dan selaras dengan Service Value Hospitable Spirit pada unit kerja masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga :   Transjakarta Dan KAI Kolaborasi Srategis Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi dan Hubungan Masyarakat Wisnu Wardana menyatakan bahwa tujuan kegiatan bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang Hospitable Spirit sebagai Service Value Ditjen Hubla.

“Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan karakter serta budaya melayani pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,” ujarnya.

Kemudian, Wisnu menambahkan, juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan aspek reformasi birokrasi.

Sebagai informasi, kegiatan bimtek ini akan dilaksanakan selama hari yang di mulai pada 17-21 Oktober 2022 bertempat di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan diikuti oleh 33 orang peserta dari 28 UPT di lingkungan Ditjen Hubla Kemenhub. B

 

Komentar

Bagikan