Ditjen Hubla Gandeng Pushidrosal Tingkatkan Kompetensi Surveyor Hidrografi

Peserta kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022. (dok. hubla.dephub.go.id)

Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) bekerja sama dengan dengan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) untuk meningkatkan kompetensi surveyor hidrografi kategori B kenavigasian.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022 itu berlangsung selama enam bulan sejak 15 Juni sampai dengan 15 Desember 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha hadir dalam Penutupan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022 di Mako Pushidrosal, Jakarta pada Kamis (15/12/2022).

Dia menyatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih terampil dalam ilmu hidrografi.

“Diharapkan para surveyor yang tersebar pada kelompok pengamatan laut di seluruh Distrik Navigasi yang ada di Indonesia bisa lebih memahami pentingnya hidrografi dan dapat lebih bersinergi dengan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, untuk ikut serta dalam mengisi data hidrografi nasional,” katanya.

Baca juga : Bandara Komodo Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Parekaf Labuan Bajo

Dirjen Arif menyadari bahwa tenaga surveyor yang dimiliki saat ini sangat sedikit, sehingga sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan SDM, khususnya dalam menciptakan tenaga-tenaga Surveyor Hidrografi yang terampil, profesional dan diakui sertifikasinya secara Internasional.

Lebih lanjut dia menambahkan, faktor utama dalam perencanaan suatu alur pelayaran yang aman adalah dengan diadakannya survei hidrografi yang memiliki peran sentral di setiap kegiatan kemaritiman dan menjadi centre of gravity dalam pembangunan kemaritiman nasional, termasuk pengembangan Tol Laut dan penempatan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Adanya dukungan layanan hidrografi nasional yang aman dan efisien tentunya akan turut mendorong perkembangan perekonomian, Selain itu, dapat membantu upaya perlindungan lingkungan maritim dan mendukung pengelolaan zona maritim nasional secara berkelanjutan,” jelasnya.

Baca juga : Penarikan Penerimaan Negara dari Pelabuhan Harus dengan Tata Kelola yang Baik

Ditjen Hubla berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan ke depan kerja sama yang baik antara Kementerian Perhubungan dengan Pushidrosal dapat terus terjalin, sehingga dapat terus menghasilkan SDM yang andal di bidang hidrografi.

Pada kesempatan terebut, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya Nurhidayat, juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Pushidrosal, serta berharap kerja sama ini bisa memajukan pelayanan keselamatan pelayaran di Indonesia. B

Komentar