Ditjen Hubdat Beri Penghargaan pada Instansi dengan Penyelenggaraan Transportasi Darat Optimal

Pemberian penghargaan sebagai rangkaian Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski. (dok. hubdatkemenhub)

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) terus menjalin kolaborasi dan sinergi dengan para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan transportasi darat yang aman dan berkeselamatan.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan memberikan penghargaan pada instansi dengan penyelenggaraan transportasi darat yang optimal, yang masih merupakan rangkaian kegiatan dari Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (11/7/2024).

“Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh stakeholders dan unit kerja di bawah Perhubungan Darat atas kepedulian dan dedikasinya sehingga kegiatan penyelenggaraan transportasi darat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Risyapudin Nursin.

Adapun pada tahun ini, Dirjen Perhubungan Darat memberikan penghargaan pada Pemerintah Daerah yang Melaksanakan Pengalihan Pengelolaan Pengembangan Angkutan Perkotaan Skema Buy The Service di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan, Wali Kota Banjarmasin; Wali Kota Banjar Baru, Bupati Banjar, Bupati Barito Kuala, dan Bupati Tanah Laut.

Baca juga :   Kemenhub Komitmen Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

Untuk kategori Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Terbaik Tahun 2024 adalah BPTD Kelas II Jawa Barat, BPTD Kelas II Jambi dan BPTD Kelas II Kepulauan Riau.

Sementara itu, kategori Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Terbaik Tahun 2024 adalah UPUBKB Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, UPUBKB Kota Denpasar, Bali dan UPUBKB Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Kami berikan penghargaan juga kepada Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Terbaik Tahun 2024, Terminal Penumpang Tipe A Terbaik Tahun 2024 dan Pelabuhan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Terbaik Tahun 2024,” jelas Dirjen Risyapudin.

Penerima penghargaan kategori UPPKB Terbaik Tahun 2024 di antaranya UPPKB Pojok di Jawa Barat, UPPKB Kintab di Kalimantan Selatan dan UPPKB Cibaragalan di Jawa Barat.

Baca juga :   ASDP Layani 447.000 Penumpang dan 122.000 Kendaraan di Lintasan Utama Jawa, Sumatra dan Bali

Kategori Terminal Penumpang Tipe A Terbaik Tahun 2024 adalah Terminal Patria, Blitar; Terminal Tirtonadi, Solo dan Terminal Subang.

Mengenai Pelabuhan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Terbaik Tahun 2024 di antaranya Pelabuhan Danau Balige di Danau Toba, Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo dan Pelabuhan Penyeberangan Kalabahi, NTT.

“Kita harus terus menerus bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas. Permasalahan perhubungan darat sangat kompleks sehingga pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus hadir bersama-sama demi kepentingan masyarakat,” jelas Dirjen Risyapudin, sekaligus menutup rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat Tahun 2024. B

Komentar