Disdukcapil Medan Buka Layanan Adminduk Setiap Akhir Pekan di Pusat Perbelanjaan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan buka booth layanan di mall atau pusat perbelanjaan Plaza Medan Fair setiap akhir pekan. (dok. pemkomedan.go.id)

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan buka booth layanan di mall atau pusat perbelanjaan Plaza Medan Fair setiap akhir Pekan.

Langkah tersebut merupakan program jemput bola guna mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Medan untuk mengurus administrasi kependudukan sesuai dengan visi misi Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Pelayanan adminduk di pusat perbelanjaan ini bukan pertama kalinya dilakukan, di tahun sebelumnya Disdukcapil juga membuka layanan di Plaza Medan Fair.

Dalam pelayanan ini, terdapat empat layanan adminduk, diantaranya perekaman e-KTP bagi pemula, Kartu Identitas Anak (KIA), pergantian e- KTP dan pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Kepala Disdukcapil Kota Medan Baginda P. Siregar menjelaskan, pihaknya kembali membuka layanan adminduk di pusat perbelanjaan guna mempermudah masyarakat mendapatkan layanan.

Selain itu, program jemput bola ini juga sebagai tindak lanjut dari visi dan misi bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution.
“Pelayanan Adminduk ini merupakan kolaborasi Pemko Medan dengan Plaza Medan Fair. Berbeda dari tahun sebelumnya, pelayanan adminduk ini telah kita buka di akhir tahun 2023 sampai Bulan Februari 2024,” kata Kadisdukcapil.

Baca juga :   Penguatan Aplikasi Medan Smart City Dilakukan Dinas Kominfo

Menurut Baginda, pelayanan adminduk di Plaza Medan Fair buka di hari Jumat, Sabtu dan Minggu dari pukul 15.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Hal ini dilakukan karena di hari tersebut banyak pengunjung yang datang ke mall, sehingga bisa memanfaatkan layanan adminduk yang telah disediakan.

“Di booth layanan kita melayani perekaman KTP elektronik pemula usia 17 tahun, penggantian KTP rusak dan hilang disertai surat kehilangan dari kepolisian, Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui ponsel android dan Kartu Identitas Anak (KIA),” jelas Baginda.

Dia menuturkan, antusias masyarakat Kota Medan dalam mengurus adminduk cukup tinggi.

Sejak booth dibuka masyarakat terus ramai berdatangan memanfaatkan layanan jemput bola tersebut.

Baca juga :   Pemko Medan Beri Penghargaan ke 211 Atlet dan Pelatih serta Asisten Berprestasi

Baginda memastikan seluruh layanan adminduk ini gratis alias tidak ada dipungut biaya apapun.

Berdasarkan data yang masuk tercatat perekaman e-KTP usia 17 tahun sebanyak 122 orang, pencetakan e-KTP sebanyak 762 orang, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 164 dan registrasi Indentitas kependudukan digital sebanyak 634 orang. Seluruh layanan adminduk ini gratis.

Adapun jadwal pelayanan adminduk di Plaza Medan Fair dari 29 Desember 2023 sampai dengan 4 Februari 2024 di hari Jumat, Sabtu dan Minggu, yakni di Desember minggu ke IV pada 29, 30, 31 Desember 2023, Januari minggu ke I, ke II, ke III dan ke IV pada 5, 6, 7, 12, 13, 14, dan pada 19, 20, 21, 26, 27, 28 Januari 2024.

Selanjutnya di Februari minggu ke I pada 2, 3 dan 4 Februari 2024. B

Komentar