Diklat Madatukar Tumbuhkan Karakter “Centil” dan Tanamkan Nilai “Prestasi”

Pembukaan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) calon Taruna/i Pola Pembibitan seluruh perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2023 di Character Building Camp Ciwidey pada Senin (11/9/2023). (dok. kemenhub)

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono membuka secara resmi Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) calon Taruna/i Pola Pembibitan seluruh perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2023 di Character Building Camp Ciwidey pada Senin (11/9/2023)

Dalam arahannya, Kepala BPSDMP menyatakan, kegiatan Madatukar ini merupakan salah satu kegiatan integrasi bagi seluruh calon Taruna/i yang akan dididik pada Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan, baik matra darat, laut dan udara.

Sekaligus akan membentuk karakter para Taruna/i serta menumbuhkan jiwa disiplin, pantang menyerah, tanggung jawab, dedikasi, mampu memupuk rasa kebersamaan dan kerja sama diantara calon Taruna/i baik dalam satu matra maupun antar matra.

“Kalian semua yang ada disini berkumpul dari seluruh Indonesia dan merupakan yang terbaik dari yang terbaik, kalian hebat di usia kalian yang masih muda ini sudah berani memilih untuk membaktikan diri di bidang transportasi,” ungkapnya.

Djoko menekankan bahwa sebagai insan transportasi, pembentukan karakter harus berpegang pada dasar ideologi pancasila dengan memiliki kemampuan untuk mengelola hubungan dan berkomunikasi yang baik dengan pencipta Tuhan YME.

Baca juga :   Kemenhub Dorong Kesetaraan Aksesibilitas Transportasi Bagi Kelompok Rentan

Selain itu, lanjutnya, mampu mengelola diri sendiri, mampu mengelola hubungan sesama dengan memahami lingkungan sekitar, berjuang untuk menciptakan cita-cita mulia tanpa sekat perbedaan, mampu melangkah bersama dengan tujuan yang sama, serta mampu mengelola organisasi tempat bekerja nantinya.

“Kalian semua harus mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Dan saya juga sangat mengharapkan kalian menjadi calon Taruna/i yang cerdas, enerjik, punya nyali, tangguh, penuh inspirasi inovatif dan lentur menghadapi dinamika perubahan untuk menunjang keberhasilan dan keberlangsungan di asrama, kampus dan juga di Kementerian Perhubungan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kepala BPSDMP berpesan kepada calon Taruna/i dalam bekerja nanti, khususnya di bidang transportasi, para calon Taruna/i tidak dapat berkerja sendiri dibutuhkan team work yang baik satu sama lain baik di dalam lingkungan internal maupun eksternal dalam mencapai satu tujuan penyelenggaraan transportasi yang andal.

Team work itu memiliki makna, dimana TEAM adalah T (Together), E (Everyone), A (Achieve), M (More) dan WORK sendiri mempunyai makna W (With), O (Outstanding), R (Recognized), dan K (Knowledge).

“Jadi, apapun ilmu yang kalian peroleh jika diaplikasikan dengan kerja usaha bersama maka akan menghasilakan hal yang berkualitas, dan ciri dari suatu yang berkualitas indentik dengan prestasi dan pada puncaknya dapat menginspirasi lingkungan sekitar,” jelasnya.

Baca juga :   Kota Bekasi Punya Perpustakaan yang Berbasis Inklusi Sosial

Di akhir sambutannya, sebagaimana slogan BPSDMP yakni “PRESTASI” yang merupakan nilai-nilai dari Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas.

Djoko berharap para calon Taruna/i perguruan tinggi BPSDMP dalam menjalani pendidikan harus mampu menerapkan nilai-nilai tersebut.

“Selamat memulai pendidikan dan pelatihan pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, disini kalian dididik dengan keras namun tanpa kekerasan, terus semangat hingga nanti kalian selesai dan bekerja, terus maju tanpa menyingkirkan, naiklah tinggi tanpa menjatuhkan, jadilah baik tanpa menjelekkan orang lain dan jadilah benar tanpa menyalahkan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Diklat Pembangunan Karakter Sumber Daya Manusia Perhubungan Sindu Rahayu menjelaskan bahwa kegiatan Madatukar ini akan dilaksanakan selama 13 hari.

Kegiatan ini mulai dari 11-21 September 2023 dengan total 136 jam pelatihan yang diikuti oleh total 1.290 calon Taruna/i Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2023. B

Komentar