BPTJ Luncurkan Layanan Bus JR Connexion Bertenaga Listrik Pertama Rute PIK 2 – Kelapa Gading

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan layanan Bus JR Connexion bertenaga listrik pertama rute PIK 2 - Kelapa Gading. (dok. bptj)

Warga Pantai Indah Kapuk (PIK) kini memiliki lebih banyak pilihan transportasi untuk menuju Jakarta.

Hal ini ditandai dengan layanan Jabodetabek Residence (JR) Connexion dari By The Sea PIK 2, Kabupaten Tangerang menuju ke Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Utara yang telah diresmikan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Senin (4/3/2024).

Pengembangan JR Connexion ini terus dilakukan oleh BPTJ dalam rangka penanganan kemacetan secara berkelanjutan di wilayah Jabodetabek.

BPTJ terus berupaya mengajak masyarakat beralih ke angkutan umum, kata  Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono, dalam sambutannya pada acara Grand Launching layanan JR Connexion PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading bertempat di By The Sea Pantai Indah Kapuk 2.

“Perlu kami sampaikan jumlah pergerakan orang di Jabodetabek saat ini menunjukkan data sebesar sebesar 88 juta orang per hari,” ujarnya.

Dia berharap modashare penggunaan angkutan umum sebesar 60% dapat menurunkan tingkat kemacetan.

Dengan tersedianya JRC diharapkan dapat memindahkan kendaraan pribadi (roda empat dan roda dua) ke angkutan umum massal yang bergerak dari kawasan permukiman.

Marta menambahkan, layanan bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) dengan Rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini merupakan bus JRC pertama yang menggunakan tenaga listrik.

“Ini menjadi satu kemajuan dan nilai tambah bagi layanan yang diberikan kepada masyarakat sekaligus berdampak positif bagi lingkungan karena dengan menggunakan bus listrik ini dapat menekan emisi dan polusi di Jakarta,“ jelasnya.

Baca juga :   ASDP Catat Pengguna Ferizy Naik 33% Tembus Dua Juta Orang

Kelebihan dari bus listrik yang digunakan ini adalah kapasitas baterainya yang mencapai 385 kilo watt hours (kWH).

Dengan baterai tersebut, Higer memiliki daya jelajah hingga 400 km dan lama pengisian ulang baterai dua jam.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Agung Sedayu Grup Restu Mahesa menyampaikan sangat mendukung hadirnya layanan JR Connexion yang melayani rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini.

“Semoga layanan ini dapat menjadi fasilitas tidak hanya bagi masyarakat PIK2 dan Sedayu City melainkan bagi seluruh masyarakat Jabodetabek. Kami juga berharap BPTJ akan terus mengembangkan layanan JRC ini di lokasi-lokasi lain di Jabodetabek,” ungkapnya.

Pengamat Transportasi Yayat Supriyatna yang juga hadir dalam acara tersebut menyebutkan, layanan JRC yang akan terus dikembangkan oleh BPTJ ini merupakan transformasi layanan public transport untuk menggugah dan menggerakan masyarakat kelas menengah atas untuk menggunakan angkutan umum massal.

“Bagi masyarakat kelas menengah atas angkutan umum itu bukan persoalan tarif, tetapi terkait kenyamanan dan keamanan, seperti naik kendaraan pribadi. Artinya yang dibutuhkan mereka adalah bagaimana mereka merasa aman dan nyaman sepanjang perjalanan sehingga mereka bisa memanfaatkan waktunya sepanjang perjalanan dengan optimal,” jelas Yayat.

Baca juga :   Selenggarakan BPTJ Festival 2024 untuk Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Umum

PT Higer Maju Indonesia sebagai operator layanan JRC dengan Rute PIK 2 – Sedayu City Kelapa Gading ini akan mengoperasikan lima unit bus terdiri dari tiga unit diesel dan dua unit listrik dengan tarif Rp25.000.

Layanan JRC ini akan beroperasi sejak pukul 06.30 dari PIK 1 dan 2 menuju Sedayu City Kelapa Gading. Rute sebaliknya akan mulai dilayani pada pukul 07.00 dengan waktu layanan antar unit (headway) satu jam.

JR Connexion merupakan program BPTJ yang digagas sejak tahun 2017 untuk memfasilitasi warga di sekitar pemukiman penyangga ibukota menuju pusat kegiatan bisnis (CBD) di Jakarta dan sebaliknya.

Kelebihan JR Connexion dibandingkan bus reguler adalah jadwal yang pasti. Selain itu, sistem pembayaran JR Connexion juga bisa cashless.

Total pemukiman yang telah dilayani JR Connexion hingga 2023 telah melayani 23 permukiman dan 47 asal tujuan.

Turut hadir dalam kegiatan grand launching tersebut Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Tatan Rustandi, perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Direktur Utama PT Higer Maju Indonesia Antonius R. Ismanto, serta Komisaris dan Founder PT Higer Maju Indonesia Untung W. Ismanto. B

Komentar