BISKITA Trans Bekasi Patriot Resmi Diluncurkan Menhub dan Penjabat Wali Kota

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi resmi meluncurkan layanan Bus Inovatif, Solusi Transportasi Terintegrasi Perkotaan dan Andal (BISKITA) Trans Bekasi Patriot pada Minggu (3/3/2024). (dok. humaskotabekasi)

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi resmi meluncurkan layanan Bus Inovatif, Solusi Transportasi Terintegrasi Perkotaan dan Andal (BISKITA) Trans Bekasi Patriot pada Minggu (3/3/2024).

BISKITA Trans Bekasi Patriot diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Gani Muhamad.

Rangkaian peresmian dimulai dari menyambut kedatangan Menhub bersama dengan jajaran yang menaikki Light Rail Transit (LRT) dari Halte LRT Cawang Jakarta dan berhenti di Halte LRT Bekasi Barat Revo Town Mall.

Selanjutnya, bersama Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad naik armada BISKITA Trans Bekasi Patriot menuju Halte Bis Summarecon.

Hadirnya BISKITA Trans Bekasi Patriot berfungsi sebagai feeder guna mengakselerasi dan mendorong masyarakat yang semula menggunakan angkutan pribadi beralih ke angkutan umum.

Rencananya BISKITA Trans Bekasi Patriot akan beroperasi sebanyak 15 unit bus yang melayani penumpang mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dengan waktu tunggu (headway) sekitar 10 menit dan selama masa uji coba layanan ini masyarakat dapay mengaksesnya secara gratis.

Baca juga :   Jelang Diresmikan BPTJ Ujicoba Layanan BISKITA Trans Patriot Bekasi

Adapun rute atau koridor yang tersedia saat ini adalah Summarecon Bekasi – Vida tersebut total akan ada sebanyak 47 halte/bus stop dengan rincian sebanyak 21 halte/bus stop dari rute Summarecon – Vida dan 26 bus stop dari Vida – Summarecon dengan terintegrasi langsung dengan Halte LRT Bekasi Barat Revo Town Mall.

Hadirnya layanan BISKITA Bekasi Trans Patriot merupakan salah satu upaya Kemenhub untuk mendorong fasilitasi angkutan umum yang nyaman bagi masyarakat dan terintegrasi langsung dengan moda transporasi modern saat ini.

Akomodasi yang terintegrasi langsung adalah LRT, sehingga jumlah pengguna LRT semakin meningkat dengan hadirnya feeder bus yang nyaman dan harganya terjangkau.

“BISKITA Bekasi Trans Patriot merupakan bentuk komitmen kami, Kementerian Perhubungan, untuk mendorong peningkatan jumlah pengguna angkutan umum, sehingga semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi, apalagi kami hubungkan langsung dengan Stasiun LRT,” kata Menhub.

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Festival Kreatif Lokal Kembangkan Desa Wisata Tanah Air

Jadi, dia menambahkan, warga Kota Bekasi yang bekerja di DKI Jakarta dapat lebih mudah akses menuju ke sana yang tentunya aman, nyaman dan lebih cepat.

Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad pun menyambut baik kehadiran BISKITA Bekasi Trans Patriot dan Pemerintah Kota Bekasi akan siap mendukung agar layanan ini bisa beroperasional dengan baik dan bermanfaat banyak bagi khalayak luas.

“Kami sangat mengapresiasi hadirnya BISKITA Trans Bekasi Patriot, kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan bahwa Kota Bekasi terpilih untuk dihadirkan layanan BISKITA ini yang diharapkan mampu mengurai permasalahan transportasi,” jelasnya.

Bahkan, Gani Muhamad menambahkan, juga untuk meningkatkan layanan transportasi di kawasan perkotaan, sehingga lebih memudahkan mobilitas masyarakat dengan angkutan umum yang modern dan nyaman. B

Komentar