Beroperasinya Penerbangan di Bandara Teuku Cut Ali Buat Warga Aceh Selatan Kembali Bersemangat

Bandara Teuku Cut Ali berlokasi di Kabupaten Tapaktuan, Provinsi Aceh Selatan. (dok. bandarateukucutali)

Bandara Teuku Cut Ali yang berada di Kabupaten Tapaktuan, Provinsi Aceh Selatan kembali melayani penerbangan sejak sempat terhenti dari tahun 2018.

Menurut Kabandara Teuku Cut Ali Dodiek Setyono, beroperasinya kembali Bandara Teuku Cut Ali menjadi kado istimewa bagi warga Aceh Selatan, karena sekarang ini mulai ada penerbangan lagi.

“Sebelumnya, penerbangan perintis sempat terhenti dari tahun 2018 atau sekitar empat tahun. Sekarang warga Aceh Selatan kembali bersemangat dengan beroperasinya lagi Bandara Teuku Cut Ali,” katanya.

Kehadiran bandara di suatu daerah dapat memperkenalkan potensi ekonomi yang ada di daerah, baik itu sektor industri, pertanian dan juga pariwisata yang tentunya mendatangkan pendapatan asli daerah.

Baca juga :   Angkasa Pura I Balikpapan Dukung Ekspor Langsung Marine Product Ke China

Demikian juga bagi masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, penerbangan dari Ibu Kota Aceh Selatan, yakni Tapaktuan menuju ke daerah lain melalui Bandara Teuku Cut Ali ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kota Banda Aceh.

Kabandara Teuku Cut Ali Dodiek Setyono. (dok. pribadi)

Selain itu, Dodiek mengatakan bahwa Bandara Teuku Cut Ali telah memiliki masterplan untuk perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Teuku Cut Ali dari 1.270 meter x 23 meter menjadi 1.400 meter x 23 meter.

“Pembangunan landasan pacu ini dalam rangka mewujudkan visi Aceh Selatan Hebat, sehingga pemerintah kabupaten setempat berupaya untuk merealisasikan pengembangan bandara, sekaligus menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

Masyarakat Aceh Selatan memberi apresiasi atas keberadaan Bandara Teuku Cut Ali, bahkan bandara yang beralamat di Jalan Tapaktuan, Desa Teupin Gajah, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan Medan KM 21 ini membuat wilayah kabupaten ini lebih dikenal luas.

Baca juga :   Bandara Halim Perdanakusuma Hasil Revitalisasi Ditargetkan September Layani Penerbangan Komersial

Saat ini, jadwal penerbangan dari Bandara Teuku Cut Ali ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kota Banda Aceh pergi-pulang (pp) dilayani setiap Kamis oleh maskapai Susi Air.

Keberangkatan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh pada pukul 08.00 WIB, sedangkan rute Bandara Teuku Cut Ali ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda pada pukul 09.00 WIB. B

Komentar