Bandara Yogyakarta International Airport Jadi Instagrammable Airport

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). (Istimewa)

Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) kini mendapat julukan baru, yakni sebagai Yogyakarta Instarammable Airport (YIA). Hal ini dikarenakan banyaknya tempat berfoto yang estetik dan instagrammable.

Lokasi yang pas untuk berfoto ria di bandara yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mulai dari area publik yang bisa diakses oleh seluruh pengunjung bandara hingga area khusus calon penumpang di terminal kedatangan dan keberangkatan.

Lokasi-lokasi tersebut di antaranya taman utama gerbang masuk bandara, drop zone/keberangkatan, check in area, ruang tunggu keberangkatan, artwork tari Bedhaya Kinjeng Wesi, playground Among Bocah, dan artwork area kedatangan.

Baca juga :   Ditjen Perhubungan Udara Kerja Sama Vaksinasi Air Crew

Selain itu, bandara YIA juga memiliki fasilitas berupa Follow Me Car. Fasilitas ini adalah kendaraan khusus yang digunakan oleh petugas Apron Movement Control (AMC) untuk mengawasi dan memandu pergerakan di sisi udara.

Panduan itu baik untuk pergerakan pesawat udara maupun kendaraan penunjang operasional seperti ground handling/Ground Support Equipment (GSE).

Dilansir dari akun resmi Instagram @bandarayogyakarta pada Sabtu (8/5/2021), Follow Me Car juga berfungsi memandu pilot maskapai asing yang baru pertama kali masuk di suatu bandara menuju parking stand yang telah disediakan.

Bandara YIA ini adalah bandar udara internasional yang membantu kinerja Bandara International Adisutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung kapasitas penumpang dan pesawat.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Kembangkan Fasilitas Kargo Bandara Frans Kaisiepo

Bandara ini berdiri di tanah seluas 600 hektare dan diperkirakan menelan biaya Rp9 triliun. Fasilitas terminal seluas 210.000 meter persegi dengan kapasitas 20 juta penumpang per tahun.

Selain itu, bandara tersebut diperkirakan bakal memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi yang direncanakan sanggup menampung hingga sebanyak 28 unit pesawat.

Bandara tersebut juga bisa menampung pesawat berbadan lebar, seperti B777B747, dan A380. B

 


2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here