Bandara VIP Akan Dibangun di IKN Nusantara

Lokasi Titik Nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. (dok. istimewa)

Pemerintah akan membangun Bandara Very Important Person (VIP) di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan membangun Bandara VIP di IKN Nusantara dan rencana tersebut sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah lapor juga ke Pak Presiden bahwa Bandara VIP di IKN itu akan kita bangun. Kami bersama sama dengan Kementerian PUPR sudah melakukan suatu pembahasan kita akan mencari kontraktor yang terbaik,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Menhub menjelaskan bahwa pada Mei atau Juni sudah bisa efektif (pembangunan), yang lokasinya kira-kira 10 km dari IKN Nusantara.

Baca juga :   AP II Siap Sambut Peningkatan Lalin Penerbangan di Bandara Kertajati Mulai Oktober 2023

Menurut Budi, keseluruhan proses pembangunan Bandara VIP ini memerlukan investor.

Oleh karena itu, Budi mengajak stakeholders terkait untuk sama-sama melakukan kampanye untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

“Saya pikir kita harus sama-sama campaign. Ya jadi saya ke India, ke Arab Saudi, ke Dubai, ke Korea, ke Jepang itu kita lakukan itu dan mereka tertarik,” ungkapnya.

Bandara, Menhub menambahkan, juga sebenarnya bisa juga di awal melakukan investasi setelah itu investor atau pihak swasta masuk di dalamnya. “Berapa persen seperti yang terjadi di Bandara Kualanamu.”

Dia menambahkan, saat bertemu investor dari India, Jepang dan Korea Selatan pada pekan lalu, ketiga pihak menyatakan sangat berminat, tapi proses investasi secara riil masih memerlukan waktu.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Terapkan Aplikasi PeduliLindungi Demi Permudah Pemeriksaan Dokumen Penerbangan

“Memang ini butuh waktu, karena mereka membutuhkan suatu asesmen tentang bagaimana bantuan kemudahan investasi itu efektif,” jelasnya. B

 

 

Komentar