Bandara Soekarno-Hatta Terbaik Se-Asia Tenggara di Tengah Pandemi Covid-19

Pemeriksaan kebersihan Bandara Soekarno-Hatta. (Istimewa)

Protokol kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang harus diterapkan di tengah pandemi Covid-19 untuk melindungi kita dalam setiap aktivitas, mencegah munculnya varian baru dan menghentikan rantai penyebaran virus.

Sejalan dengan itu, PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen penuh untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik di 20 bandara yang dikelola perseroan.

President Director PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan di bandara-bandara AP II sesuai dengan regulasi di dalam negeri serta praktik-praktik terbaik (best practice) di dunia internasional.

“Moda transportasi paling efektif di negara kepulauan adalah pesawat udara. Bandara harus dapat menjaga rasa aman dan nyaman di tengah pandemi Covis-19 bagi masyarakat atau penumpang pesawat,” ujarnya.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Terapkan Standarisasi Green Airport

Jadi, Awaluddin menambahkan, bandara sebagai salah satu sektor transportasi udara tetap dapat berkontribusi dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

“Bandara-bandara AP II juga telah mendapat berbagai penghargaan global menyusul konsistensi dalam menjalani protokol kesehatan termasuk lewat inovasi Biosecurity dan Biosafety Management,” ungkapnya.

Salah satu bandara AP II yang paling banyak mendapat penghargaan global terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan pintu utama Indonesia dan bandara tersibuk di Indonesia.

Penghargaan atau pencapaian Bandara Soekarno-Hatta di tingkat global terkait dengan upaya pencegahan Covid-19 adalah The Covid-19 Airport Excellence Awards dari Skytrax, Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 dari Airport Council International (ACI), dan Safe Travel Score 4.3 dari Safe Travel Barometer.

Baca juga :   Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Bangun Sistem Pengelolaan Air

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta mendapatkan Airport Health Accreditation dari ACI atas penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara pertama di Indonesia yang meraih akreditasi ini.

Sementara itu pada tahun 2021, untuk kedua kalinya Bandara Soekarno-Hatta kembali berhasil meraih akreditasi tersebut, sedangkan penilaian selanjutnya akan dilakukan pada akhir 2022.

Awaluddin menjelaskan, penghargaan dan apresiasi global yang berhasil diraih ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara yang paling konsisten menerapkan protokol kesehatan di ASEAN.

“AP II berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder, termasuk pengunjung bandara dan penumpang pesawat, sehingga protokol kesehatan yang dijalankan di Bandara Soekarno-Hatta dapat diakui di tingkat global,” tuturnya. B