Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksin Booster Hingga Operasikan Kembali Skytrain

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jawa Barat. (Istimewa)

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mendukung “Mudik Aman dan Mudik Sehat” dengan membuka vaksinasi booster, melakukan rebalancing Terminal 1, hingga mengoperasikan kembali Skytrain.

President Director PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin berharap Angkutan Lebaran dapat berjalan dengan lancar, salah satunya didukung sentra vaksinasi booster. “Kami mendukung Mudik Aman dan Mudik Sehat,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Awaluddin menyatakan, puncak arus mudik diperkirakan pada H-3, sedangkan puncak arus balik pada H+5.

“Sebagai persiapan Angkutan Lebaran, Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April. Sebelumnya, Terminal 1 hampir dua tahun tidak diaktifkan, karena pandemi. Dibukanya Terminal 1 mendukung Terminal 2 dan Terminal 3,” jelasnya.

Baca juga :   Tarif Tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta dan Husein Sastranegara Turun Jadi Rp 495.000

Sementara, selain sentra vaksinasi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta mulai 7 April 2022, juga membuka sentra vasinasi booster di Terminal 2.

“Sentra vaksinasi booster dibuka di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E untuk mendukung penumpang pesawat, termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022,” jelas Awaluddin.

Adapun sentra vaksinasi booster di Terminal 2 dibuka setiap hari pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Penumpang yang ingin melakukan booster diimbau datang empat jam sebelum keberangkatan dan harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua selama minimal tiga bulan.

Selain di Bandara Soekarno-Hatta, sentra vaksinasi booster juga dibuka di bandara-bandara lainnya yang dikelola oleh AP II.

Menyusul operasional Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta pada periode Angkutan Lebaran 2022 juga akan mengaktifkan Skytrain.

Moda transportasi ini merupakan moda berbasis rel dengan tenaga listrik untuk perpindahan penumpang pesawat dan pengunjung bandara, dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara.

Baca juga :   Tiket KA Jarak Jauh untuk Arus Balik Capai 100% Hingga 8 Mei

Pada periode Angkutan Lebaran 2022, angkutan Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00 WIB-22.00 WIB.

“Kami sangat bersiap menghadapi Angkutan Lebaran 2022 dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta, di antaranya mengaktifkan Terminal 1 dan Skytrain sebagai moda berbasis rel dengan tenaga listrik yang menghubungkan antarterminal, serta Stasiun Kereta Bandara,” tutur Awaluddin. B