Bandara Kualanamu Menuju Hub Internasional

Penandatanganan dokumen operasional komersial Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dan anak usahanya, yakni PT Angkasa Pura Aviasi (APA). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Pengesahan “Bandara Kualanamu Menuju Hub Internasional” diwujudkan dengan penandatanganan dokumen operasional komersial Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dan anak usahanya, yakni PT Angkasa Pura Aviasi (APA).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin dan President Director APA Ahmad Rifai di Sarinah pada Kamis (7/7/2022).

Sejalan dengan ini, Bandara Kualanamu secara resmi dikelola oleh APA yang mayoritas sahamnya dimiliki AP II.

Turut menjadi pemegang saham di APA adalah konsorsium GMR Group (GMR dan Aeroport de Paris).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut menyaksikan penandatanganan dokumen operasional komersial Bandara Kualanamu.

Menurut Erick Thohir, pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA ini merupakan bagian dari upaya melakukan perbaikan ekosistem transportasi, tidak hanya mobilitas manusia namun juga rantai pasok.

Baca juga :   Aturan Naik Pesawat Periode PPKM Mikro 1-14 Juni 2021

Pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA, dia menambahkan, akan  menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub internasional guna mendorong Sumatra Utara sebagai pusat pariwisata dan kargo.

“Pak Budi dan saya serius memperbaiki rantai pasok. Kerja sama di Bandara Kualanamu adalah kerja sama yang kita tekankan bagaimana Sumatra Utara penting kita dorong sebagai pusat pertumbuhan baru ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Ercik menilai bahwa ini juga menjadi kesempatan Indonesia membangun market baru, perdagangan Selatan ke Selatan sangat berpotensi.

“Kerja sama ini membuat kita punya akses langsung antara Indonesia dan India. Hubungan dagang Indonesia dengan India sangat bagus. GMR India yang bekerja sama dengan AP II akan mendorong traffic lebih tinggi ke Indonesia. Sumatra Utara akan menjadi hub,” ungkapnya.

Baca juga :   Potensi Wisata Kabupaten Bogor Jadi Sumber Daya Yang Berharga

Sementara itu, Menhub mengapresiasi langkah kemitraan yang dilakukan oleh AP II dengan APA.

Menurutnya, melalui kemitraan ini diharapkan ke depannya menjadikan Bandara Kualanamu lebih kompetitif dan menjadi hub internasional.

“Ini bentuk konsistensi pemerintah untuk melakukan pendanaan kreatif pada prasarana dan sarana yang dimiliki. Kita harus sebanyak mungkin mengajak partisipasi swasta bagi di luar maupun di dalam negeri untuk ikut membangun,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menuturkan, pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA dapat mendukung perekonomian di Sumatra Utara.

“Pembangunan Bandara Kualanamu akan menyerap banyak tenaga kerja, apalagi bandara ini akan mendatangkan traffic internasional baru sebanyak-banyaknya untuk wisatawan dan pebisnis mengunjungi wilayah ini,” jelasnya. B

Komentar

Bagikan