Bandara Ilaga Papua Kembali Normal Pasca Kecelakaan Pesawat

0
31
Kecelakaan pesawat kargo di Bandara Ilaga, Papua pada Senin (25/10/2021). (Istimewa)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan operasional penerbangan di Bandara Aminggaru Ilaga, Papua sudah kembali normal pasca kecelakaan pesawat kargo pada Senin (25/10/2021) sekitar pukul 07.30 WIT.

Pesawat yang mengalami kecelakaan di bandara yang berlokasi di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak Papua ini adalah jenis Cessna C 208 B Caravan PK-SNN, dengan kondisi tergelincir pada saat mendarat.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, operasional penerbangan Aminggaru di Ilaga sudah kembali normal usai pesawat bermuatan kargo ini mengalami kecelakaan.

“Pesawat seberat 1.250 kilogram itu awalnya take off dari Bandara Timika menuju Bandara Aminggaru di Ilaga dan pada saat landing, posisi pesawat menyentuh permukaan sebelum titik pendaratan,” ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Baca juga :   PTDI Lanjutkan Tiga Program Strategis Nasional di Tengah Pandemi

Novie menjelaskan, akibat insiden ini pilot pesawat atas nama Capt. Rahayu Kuntardi meninggal dunia pada saat dievakuasi menuju rumah sakit, sedangkan co-pilot Egie Fistantyo mengalami luka-luka dan mendapatkan perawatan medis.

Saat ini, dia menambahkan, Kemenhun dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan proses evakuasi dan proses investigasi terhadap kecelakaan pesawat tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bandara Ilaga Herman Sujito mengatakan, pihaknya menutup akses penerbangan di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak sejak pagi, usai kecelakaan pesawat Smart Air terjadi.

Dia menuturkan bahwa pesawat dengan nomor registrasi PK-SNN ini mengangkut kebutuhan sembako dan tidak berpenumpang, hanya ada pilot dan kopilot di dalam pesawat tersebut. B

Baca juga :   Menhub Cek Kelancaran Pergerakan Kargo dan Layanan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here