APK Lakukan Direct Agent Dengan Tiga Maskapai Penerbangan

Terminal kargo di Bandara Soekarno-Hatta, tangerang. (dok. angkasapurakargo.co.id)
Bagikan

PT Angkasa Pura Kargo (APK) melakukan kontrak kerja sama (direct agent) dengan tiga maskapai penerbangan untuk mengangkut barang-barang agar bisa sampai ke end customer atau ke konsumen.

Ketiga maskapai penerbangan itu adalah maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Rimbun Air.

Mengenai maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya selain melayani pengiriman kargo dalam negeri hingga luar negeri, maskapai Rimbun Air milik PT Rimbun Abadi Aviasi merupakan salah satu maskapai yang melayani penerbangan jarak dekat di kawasan terpencil Indonesia, salah satunya Papua.

Menurut Vice President of Business Development APK Fanny Andri, ada back up plan apabila terdapat kendala teknis pada pesawat yang digunakan secara daily dalam melayani pengiriman kargo.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Layani 47 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Penerbangan Baru di Triwulan III Tahun 2022

“Kesemua layanan Angkasa Pura Argo adalah untuk memanjakan para pelanggan dengan pengiriman 4K, yakni Kemudahan, Kecepatan, Ketepatan, dan Kenyamanan,” katanya saat peresmian layanan Kargo Ekspres Paling Oke (KEPO) di Gedung Parkir Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (28/7/2022).

Mengenai pesawat yang dipergunakan sebagai layanan pendukung yang dioperasikan oleh ATK adalah jenis Boeing 737-400 full fighter berkapasitas sampai dengan 20 ton.

“Untuk penggunaan pesawat lainnya ada Boeing 737-300 full fighter dengan kapasitas hingga 15 ton juga dipergunakan sebagai pendukung layanan pendistribusian kargo,” ungkapnya.

Fanny menjelaskan, pesawat yang dioperasikan ATK untuk mendistribusikan kargo dapat memberikan fleksibilitas dalam menentukan rute, baik domestik maupun internasional.

Baca juga :   AP II Siapkan Airport Metaverse Guna Dukung Operasional dan Layanan Bandara

“Kami memastikan aspek penting seperti keberlanjutan, keselamatan dan keamanan pengelolaan rantai pasokan di bandara,” ujarnya.

Pengiriman kargo dari gudang dengan transportasi udara, lanjut Fanny, seperti pesawat terbang komersial atau pesawat kargo sesuai dengan prosedur dan standarisasi keselamatan, serta kemananan yang diakui dan terakreditasi oleh lembaga dalam negeri, serta internasional.

“Sesuai dengan visi ATK, kami menjadi penyedia layanan kargo dan logistik terintegrasi bandar udara yang terbaik dan terpercaya di kawasan, apalagi pengelolaan lalu lintas rantai pasokan di kawasan bandara yang kami lakukan dengan basis teknologi informatika yang mencakup manajemen pasar, distribusi dan transportasi,” tuturnya. B

Komentar

Bagikan