Angkutan Motis Kembali Digelar DJKA dengan Perpanjang Lintas Pelayanan Hingga Jatim

Angkutan bermotor yang akan diangkut gratis menggunakan kereta api selama masa mudik Lebaran. (dok. djka)

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa layanan Angkutan Motor Gratis (Motis) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa Timur (Jatim).

Hal ini sebagaimana disampaikan pada kegiatan Press Conference Penyelenggaraan Motis 2024 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (1/3/2024).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Arif Anwar menuturkan bahwa tahun ini angkutan Motis akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan.

“Pada penyelenggaraan Motis tahun-tahun sebelumnya, kami banyak menerima masukan untuk memperpanjang layanan Motis ini, semoga dengan kami perpanjang hingga Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” tutur Arif.

Adapun ketiga lintas pelayanan pada angkutan MOTIS 2024 antara lain sebagai berikut:

  1. Lintas Utara pergi pulang (pp) Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang
  2. Lintas Tengah (pp) Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo
  3. Lintas Selatan (pp) Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun
Baca juga :   Ada Tiga Kapal Penyeberangan di Gorontalo Siap Beroperasi pada Angkutan Lebaran 2024

Guna menarik minat masyarakat untuk mengikuti program MOTIS 2024, Arif menyebut bahwa nantinya masyarakat juga akan difasilitasi untuk membeli tiket kereta dengan harga terjangkau.

Dalam hal ini, peserta Motis 2024 akan memiliki kesempatan untuk membeli dua tiket penumpang dengan harga mulai dari Rp10.000 dan maksimal Rp20.000 per penumpang untuk setiap lintas pelayanan.

Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program Motus 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Agar dapat mengikuti program Motis 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan memiliki KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK, dan besaran motor <200 CC.

Selain itu, mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk dan mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Festival Kreatif Lokal Kembangkan Desa Wisata Tanah Air

Lebih lanjut, Arif menjelaskan, Motis 2024 akan diselenggarakan pada 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik.

Sementara itu, layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

“Masing-masing lintas akan tersedia arus contraflow, sehingga masyarakat yang akan bepergian dengan arus yang berlawanan saat Arus Mudik/Balik, tetap bisa memanfaatkan layanan Motis,” ungkap Arif.

Dia berharap penyelenggaraan angkutan Motis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Ayo manfaatkan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” tutur Arif. B

Komentar