Angkasa Pura Airports Siapkan Sentra Vaksinasi Di Bandara Sambut Mudik 2022

Vaksinasi Covid-19 di bandara-bandara kelolaan Angkasa Pura Airports. (Istimewa)

Angkasa Pura Airports menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di bandara-bandara kelolaan mulai 6 April 2022.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyatakan, upaya ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan perusahaan untuk mendorong percepatan program vaksinasi sebagai satu persyaratan perjalanan udara di masa pandemi dari Kementerian Kesehatan, khususnya di tempat umum termasuk bandara.

“Hadirnya sentra vaksinasi di bandara-bandara yang kami kelola ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) bagi seluruh pengguna jasa dan masyarakat di sekitar bandara,” ujarnya.

Angkasa Pura Airports bersama pemangku kepentingan terkait, lanjut Faik Fahmi, juga akan memastikan implementasi pelaksanaanya sentra vaksinasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Penyelenggaraan sentra vaksinasi ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing bandara, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya.

“KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang akan menyediakan tenaga kesehatan/vaksinator dan vaksin bagi pengguna jasa dan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga :   AP II Siapkan Laboratorium Tes PCR Berstandar BSL 2 di Bandara Soetta

Adapun persyaratan umum dalam melakukan vaksinasi, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki KTP, sehat dan tidak sedang positif Covid-19, dan berusia enam tahun keatas untuk vaksin premier, serta 18 tahun ke atas untuk vaksin booster.

Selain itu, sudah mendapatkan vaksin dosis ke-2 selama minimal tiga bulan untuk vaksin booster dan telah memiliki tiket Vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi.

Hingga 11 April 2022, sentra vaksinasi sudah tersedia di sembilan bandara Angkasa Pura Airports dengan waktu operasional dan lokasi sebagai berikut:

  1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pukul 09.00 WITA-15.00 WITA, berlokasi di Kantor KKP Terminal Kedatangan.
  2. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 08.00 WITA-14.00 WITA di Lobby Kedatangan.
  3. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pukul 09.00 WITA-14.30 WITA di Kantor KKP.
  4. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pukul 10.00 WIB-12.00 WIB, berlokasi di Exhibition Hall Terminal Bandara.
  5. Bandara Lombok pukul 09.00 WITA-14.00 WITA di area Terminal Keberangkatan.
  6. Bandara Pattimura Ambon pukul 08.00 WIT-11.00 WIT, berlokasi Lobby Keberangkatan (Area Perkantoran).
  7. Bandara El Tari Kupang pukul 08.00 WITA-12.00 WITA di Kantor KKP.
  8. Bandara Sentani Jayapura pukul 08.00 WIT-13.00 WIT, berlokasi di Area Publik Hall Terminal.
  9. Bandara Frans Kaisiepo Biak pukul 08.00 WIT-12.00 WIT di Area Samping Kantor Administrasi Bandara.
Baca juga :   Bandara Siau Siap Beroperasi

Menurut Faik Fahmi, Angkasa Pura Airports berterima kasih kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan masing-masing bandara dan Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam mendukung pelaksanaan penyediaan sentra vaksinasi di bandara-bandara yang dikelola.

“Melalui kolaborasi dan sinergi ini diharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dan masyarakat sekitar dapat terlaksana dengan baik dan lancer,” ungkapnya. B