Angkasa Pura Airports Siagakan Posko Angkutan Nataru

Penumpang di bandar udara (bandara). (Istimewa)
Bagikan

Angkasa Pura Airports menyiagakan Posko Terpadu Monitoring Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di 15 bandara kelolaan.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyatakan aktivitas itu ditujukan untuk mengawal potensi peningkatan pergerakan arus penumpang, serta untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandara pada periode Nataru.

Posko monitoring dibuka sejak H-8 Natal (17 Desember) dan akan berlangsung hingga 4 Januari 2022, atau akan beroperasi selama 19 hari.

Menurut Faik Fahmi, keberadaan posko tersebut juga ditujukan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan secara ketat di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura Airports.

“Untuk menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022, kami selaku pengelola bandara kembali mengoperasikan Posko Terpadu Monitoring Nataru,” ujarnya dalam rilis perusahaan.

Faik Fahmi menjelaskan pihaknya senantiasa memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat, mengingat adanya potensi lonjakan arus penumpang pada periode ini.

Baca juga :   Bandara Muara Bungo; Bangun Optimisme Di Tengah Pandemi

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui kerja sama dan koordinasi erat dengan seluruh stakeholder di 15 bandara kelolaan, juga berkomitmen untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jasa bandara pada festive period ini.

Angkasa Pura Airports selaku pengelola bandara memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat di seluruh bandaranya, seperti dengan penyiapan personel yang berpatroli untuk melakukan pemantauan implementasi protokol kesehatan di area terminal.

Selain itu, pembersihan fasilitas yang sering dipergunakan oleh penumpang di terminal, dan memastikan implementasi jarak minimal antarpenumpang atau physical distancing.

“Pengelola bandara juga memastikan ketertiban penumpang untuk menghindari penumpukan penumpang di area-area, seperti di pintu masuk terminal penumpang, check-in counter, security checkpoint, ruang tunggu penumpang, garbarata, baggage claim area, serta area tunggu transportasi darat,” tutur Faik Fahmi.

Sementara itu, Angkasa Pura Airports mencatat selama tujuh hari penyelenggaraan posko (17-23 Desember) tercatat sebanyak 928.315 penumpang pesawat udara telah terlayani di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura Airports.

Baca juga :   Munich Airport Pertahankan Status Bintang Lima

Jika dibandingkan dengan catatan pada periode yang sama di tahun 2020 yang sejumlah 787.782 penumpang, terdapat pertumbuhan penumpang sebesar 18% pada catatan di tujuh hari pertama penyelenggaraan posko Nataru di tahun 2020.

Mengenai trafik pesawat udara, pada periode 17 hingga 23 Desember 2021 tercatat sebanyak 8.828 pergerakan pesawat (movement) terlayani, turun 9% jika dibandingkan dengan jumlah movement di periode yang sama di tahun 2020, yang sebanyak 9.713 movement.

Hal yang sama juga terjadi pada pergerakan kargo, dengan perbandingan 10.053.204 kg kargo terangkut pada periode 17 hingga 23 Desember 2021 dibandingkan dengan 10.513.307 kargo pada periode yang sama di tahun 2020, terdapat penurunan sebesar 4%. B

 

 

Komentar

Bagikan