Angkasa Pura Airports Hadirkan Fasilitas Untuk UMKM Dan PKL Di Bandara Lombok

Fasilitas bagi UMKM dan PKL di Bandara Internasional Lombok, NTB. (Istimewa)

Bandara Internasional Lombok yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports semakin siap untuk mendukung event internasional MotoGP 2022 yang akan digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Selain telah diselesaikannya pengembangan infrastruktur di sisi udara dan perluasan terminal Bandara Internasional Lombok, Angkasa Pura Airports juga menghadirkan fasilitas-fasilitas bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berperan aktif, serta mendukung kesuksesan pelaksanaan event internasional MotoGP 2022 di Mandalika.

“Angkasa Pura Airports senantiasa berkomitmen untuk menjadi wadah dan turut serta memajukan ekonomi kreatif melalui pemberian peluang bagi pelaku UMKM dan PKL di Provinsi NTB untuk mempromosikan dan menjual produknya di tengah momentum pelaksanaan event MotoGP 2022 di Mandalika,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Baca juga :   Kemenhub Pastikan Pelayanan Bandara Soekarno Hatta Masa Peniadaan Mudik Tetap Berjalan

Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Angkasa Pura Airports menyediakan ruang untuk pemasangan instalasi Planogram, yang merupakan diagram yang menampilkan produk kreatif UMKM Indonesia dalam rak display.

Pengguna jasa dapat dengan mudah untuk mengetahui informasi dan foto produk kreatif, beserta QR Code yang akan menyambungkan dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain.

“Planogram ini hadir di area terminal kedatangan penumpang di Bandara Internasional dan menampilkan produk kreatif dari 300 peserta UMKM Indonesia,” jelasnya.

Faik Fahmi menyatakan, produk yang ditampilkan seperti produk fashion, kriya, kuliner, hingga aksesoris terkait otomotif dan dapat dengan mudah dibeli oleh pengguna jasa secara cashless ataupun dibeli secara langsung.

Baca juga :   Bandara Pitu Kembali Layani Penerbangan Wings Air Ternate-Morotai

Untuk mendukung peningkatan ekonomi bagi komunitas PKL di sekitar Bandara Internasional Lombok, Angkasa Pura Airports telah menghadirkan fasilitas lapak usaha bagi PKL.

Lapak usaha ini memiliki kapasitas 90 unit dan sebanyak 60 unit saat ini telah diisi oleh PKL. Area lapak usaha PKL ini berada sisi barat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat Bandara Internasional Lombok.

“Hadirnya lapak usaha bagi PKL ini merupakan komitmen dan perhatian kami untuk menyediakan tempat usaha yang nyaman, aman, bersih dan tertib hingga mampu mendorong peningkatan pendapatan usaha bagi PKL di sekitar bandara,” katanya. B