Ada Tempat Wisata Dekat Stasiun LRT Jabodebek

Kereta Api Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) terintegrasi untuk wilayah Jabodebek. (dok. kai.id)

Masyarakat kini dapat menikmati Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (LRT Jabodebek) sebagai alternatif moda transportasi massal di Jabodebek usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Penumpang LRT Jabodebek tidak hanya menggunakan LRT Jabodebek untuk sarana berangkat atau pulang kerja.

Namun, dapat juga memanfaatkan LRT Jabodebek untuk berwisata atau sekadar nongkrong di tempat kekinian.

LRT Jabodebek memiliki dua jalur, yakni Lin Cibubur yang menyambungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan menuju Stasiun Harjamukti, Depok.

“Jalur lainnya adalah Lin Bekasi yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya, Kab. Bekasi,” kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Berikut beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan stasiun-stasiun LRT Jabodebek:

  1. Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
    Lokasi yang satu ini sangat tersohor untuk memanjakan pengunjung keluarga. TMII merupakan tempat wisata bersejarah dengan mengangkat kekayaan budaya Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas seperti museum dan wahana.
  2. Stasiun Dukuh Atas
    Di sekitar stasiun ini merupakan surga bagi kawula muda dengan tersedia berbagai tempat nongkrong atau sekadar menikmati suasana urban. Lokasi berkumpulnya anak-anak muda di sekitar Stasiun Dukuh Atas di antaranya Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Riverside Walk Stasiun BNI City, Chillax Sudirman, JPO Phinisi, Sarinah, Skydeck Bundaran HI, dan lainnya.
  3. Stasiun Ciracas
    Tujuan wisata di sekitar Stasiun Ciracas adalah Taman LRT City Ciracas. Taman yang satu ini asri dengan udara sejuk, sehingga cocok untuk tempat santai atau olahraga. Ditambah lagi ada kolam ikan, taman bermain anak, dan lapangan olahraga.
Baca juga :   Implementasikan ISO 27001:2013 Buat Sistem IT KAI Commuter Aman

“Kami mengapresiasi minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi massal LRT Jabodebek. Hal ini tentu akan semakin mendorong KAI dan stakeholder untuk terus membenahi layanan di berbagai sisi,” jelasnya.

KAI sebagai operator LRT Jabodebek juga memohon maaf karena ada gangguan-gangguan selama tiga hari pengoperasian. KAI terus berkoordinasi dengan INKA selaku produsen LRT Jabodebek.

Untuk mencegah gangguan, pada Rabu (30/8/2023) malam juga telah dilakukan sweeping pada semua kereta sebanyak 12 trainset dan dua cadangan.

Satu hal lagi adalah mengenai penyempurnaan system dan secara Operarational Control Centre (OCC) ini sudah align, tapi ada keluhan masalah pengereman pada saat berhenti yang masih mendadak.

Baca juga :   Kemenhub Komitmen Dukung Upaya Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Sektor Transportasi

“Ini kita sempurnakan terus dengan LEN dan Siemens, karena ini teknisi Siemens masih berada di OCC di Bekasi Timur dalam rangka penempurnaan ini,” kata Joni.

Manajemen KAI berharap masyarakat tetap menggunakan LRT Jabodebek dan angkutan ini akan menjadi solusi kemacetan dan solusi polusi yang ada di Jakarta. B

Komentar