Sebanyak 66.676 Orang Mudik dengan Kereta Api Pada H-10 Lebaran

Pemeriksaan tiket penumpang kereta api. (Istimewa)
Bagikan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat pada keberangkatan H-10 Lebaran atau Jumat (22/4/2022), sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah.

Menurut VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus, okupansi kereta pada H-10 Lebaran tersebut mencapai 57% dari 117.060 tempat duduk yang disediakan.

“Jika dibandingkan dengan pekan lalu terdapat peningkatan sebesar 6%, yakni pada 15 April 2022, KAI melayani 62.757 pelanggan KA Jarak Jauh,” ujarnya dalam keterangan resmi perusahaan.

Rute yang menjadi favorit pelanggan pada keberangkatan H-10 Lebaran adalah rute Jakarta-Yogyakarta pp,, kemudian rute Jakarta-Surabaya pp, rute Jakarta-Bandung pp, dan Jakarta-Semarang pp.

Joni mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari lebaran.

Baca juga :   Ditjen Hubdat Tingkatkan Pengawasan Angkutan Pariwisata

Hal tersebut juga sesuai anjuran Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api.

“KAI melihat, pada keberangkatan 23-27 April, atau H-9 hingga H-5, jumlah tempat duduk yang disediakan masih cukup tersedia, karena rata-rata okupansinya masih sekitar 48%,” katanya.

Untuk keberangkatan 28 April-1 Mei, atau H-4 hingga H-1, tiket sudah mulai terbatas, karena rata-rata okupansinya sudah mencapai 70%.

“Khusus untuk rute-rute favorit pada keberangkatan menjelang Hari Lebaran, tiketnya sudah habis terjual seperti Jakarta ke Yogyakarta, Surabaya, Solo, Semarang, dan lainnya,” jelasnya.

Secara umum sampai dengan 23 April, untuk periode keberangkatan 22 April-13 Mei, KAI telah menjual 1.371.081 tiket atau 53% dari total kapasitas tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan.

Baca juga :   Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Juklak Perjalanan Transportasi Laut dan Kereta Api

Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Pada masa Angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api, sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

Joni menjelaskan, KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan lebaran tetap sehat dan selamat.

“KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya,” tuturnya. B

 

Komentar

Bagikan