Sebanyak 35.825 Peserta Sipencatar Kemenhub Ikuti Tahap Seleksi Kompetensi Dasar

Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kementerian Perhubungan. (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memulai tahapan pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) jalur Pola Pembibitan Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2023/2024 melalui website resmi www.sipencatar.dephub.go.id.

Pada Tahun 2023, Kemenhub mendapatkan kuota sebanyak 1.408 Formasi, yang terdiri dari 852 formasi Program Studi Pola Pembibitan Kemenhub, 520 formasi Program Studi Pola Pembibitan Pemda dan 36 formasi Program Studi Pola Pembibitan Kemenhub Khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat/Papua Tengah/Papua Selatan/Papua Pegunungan.

Pada masa pendaftaran Sipencatar Pola Pembibitan yang telah dibuka sejak 1-30 April 2023 terdapat sebanyak 46.282 pendaftar telah melengkapi dokumen persyaratan administrasi.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono menyampaikan bahwa saat ini pendaftar yang melakukan submit dokumen telah dilakukan verifikasi dan sebanyak 35.825 pendaftar memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Baca juga :   Reog Ponorogo Akan Didaftarkan sebagai Warisan Budaya Takbenda ke UNESCO

“Ini merupakan tahap awal dan masih akan ada lagi tahapan-tahapan berikutnya, saya berharap para peserta harus semangat belajar dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes tahapan berikutnya,” ujarnya.

Selain itu, Djoko menambahkan, agar para peserta selalu mengikuti proses tahapan dengan memperhatikan persyaratan dan jadwal yang telah diumumkan melalui website resmi Sipencatar, di antaranya tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan pada Juni 2023.

Tahap SKD merupakan proses seleksi menggunakan metode Computer Assited Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dimana hasilnya dapat dilihat secara live saat melaksanakan tes.

“Bagi para peserta yang akan melaksanakan tahapan SKD saya berpesan agar fokus dan optimis dapat mengerjakan soal dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Baca juga :   Media Handling, Kunci Sukses Meningkatkan Reputasi Perusahaan dan Manajemen

Kepala BPSDMP juga mengucapkan selamat mengikuti tes SKD, semoga sukses dapat melanjutkan ketahapan seleksi sampai akhir dan bergabung menjadi Taruna Transportasi Kementerian Perhubungan yang ber-Prestasi (Profesional, Etika, Standar, Global dan Integritas). B

 

 

Komentar