Rata-rata Pengguna Commuterline Jabodetabek Capai 812.064 Orang Per Hari

Aktivitas penumpang commuterline di stasiun. (dok. commuterline.id)

Sepanjang Mei 2023, rata-rata pengguna Commuterline Jabodetabek sebanyak 812.064 orang per hari, dengan volume pada hari kerja pertama usai libur panjang Lebaran, yaitu Selasa (2/5/2023) ada sebanyak 844.093 orang.

Untuk pengguna pada libur akhir minggu (29 April-1 Mei) rata-rata 672.652 orang pe hari.

Sementara itu, pada Minggu (7/5/2023) hingga pukul 15.00 WIB tercatat total pengguna Commuterline Jabodetabek sebanyak 257.155 orang yang naik menggunakan commuterline untuk berakhir pekan.

Stasiun Bogor merupakan stasiun pemberangkatan dan kedatangan dengan volume terbanyak, yaitu 15.580 orang untuk yang berangkat dan 21.635 orang yang tiba di Stasiun Bogor.

Data KAI Commuter menyebutkan, Stasiun Tanah Abang hingga pada pukul yang sama tercatat sebanyak 5.858 orang yang naik dan 17.526 orang yang turun di stasiun tersebut.

Baca juga :   Indonesia Komitmen Dekarbonisasi dan Dorong Pembiayaan Kreatif Sektor Transportasi

Melihat selisih penggguna commuterline yang cukup besar antara hari kerja dan hari libur akhir pekan, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuterline yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini, untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin pagi.

Saat ini, untuk melayani pengguna, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.111 perjalanan Commuterline Jabodetabek tiap hari dengan penambahan 44 KA Feeder di Stasiun transit Manggarai untuk menuju Angke/Kampungbandan atau sebaliknya.

Untuk memecah kepadatan flow pengguna yang transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter telah mengoperasikan fasilitas pelayanan tambahan berupa tangga manual di peron 6/7 dan 8/9 Stasiun.

Baca juga :   KAI Sosialisasikan Kembali KA Batara Kresna

KAI Commuter mengimbau untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama bercommuter, mengingat di beberapa daerah Jabodetabek turun hujan, KAI Commuter mengingatkan pengguna untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. B

 

 

Komentar