Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Pada 2 September

Kereta api cetak Jakarta-Bandung. (dok. kcic.co.id)
Bagikan

Rangkaian kereta api untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Electric Multiple Unit (EMU) akan dikirim ke Kota Bandung pada 5 September 2022.

Sementara itu, rangkaian kereta tersebut dijadwalkan sudah tiba dari China dan berada di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (2/9/2022).

Keseluruhan rangkaian kereta itu terdiri dari 11 unit EMU dan satu unit Comprehensive Inspection Train (CIT) yang sudah selesai dikerjakan di Shandong, China.

Proses kedatangan rangkaian kereta itu setelah ada di Pelabuhan Tanjung Priok, lalu akan transit di Pusat Logistik Berikat (PLB) Cakung sebelum dibawa ke Tegalluar, Bandung.

Menurut General Manager Corporate Secretary PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry, pihaknya tengah mengurus perizinan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk dibawa ke Tegalluar.

Baca juga :   Kemenhub Optimalkan Kapal Ternak Pendukung Swasembada Daging Nasional

“Harapannya, pada tanggal 5 nanti sudah melakukan pengiriman pertama. Harapannya tiga bagian kereta, kalau tidak bisa minimal dua, dengan catatan izin BPJT sudah kita terima,” ujarnya di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Rahadian menjelaskan, pihak BPJT mengarahkan agar KCIC membawa rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di window time, yakni antara jam 22.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya itu, lanjutnya, KCIC juga hanya diperbolehkan mengangkut di rentang antara Senin-Kamis.

“Ada beberapa hal yang anggap menjadi sesuatu yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya, pengangkutan akan mempengaruhi tingkat kepadatan pengguna jalan tol,” tutur Rahadian.

Untuk itu, dia menambahkan, KCIC mendapatkan arahan dan izin bahwa jam-jam pengangkutan mendapatkan di window timem dengan harapan dampaknya seminim mungkin terhadap ruas jalan tol.

Baca juga :   Baksos IWAPI DPC Jakarta Selatan X Lion Club Internasional 307A1 Zona 1 B

Rahadian juga menyampaikan bahwa proses pengangkutan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan memakan waktu sekitar dua minggu.

“Estimasi waktu ini dipersiapkan dengan menyesuaikan kondisi jalanan lainnya,” katanya. B

Komentar

Bagikan