Program Pelatihan BSSN Born To Defense Sasar Provinsi Sulsel

Kegiatan program pelatihan keamanan informasi Born To Defense di Sulawesi Selatan. (dok. sulselprov.go.id)

Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu provinsi yang menjadi lokus program pelatihan keamanan informasi Born To Defense.

Lembaga BSSN bekerja sama dengan Dinas Kominfo SP Pemprov Sulsel sebagai penyelenggara.

Pelatihan ini melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki fungsional keamanan informasi atau sandiman.

Penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan pada 26 Februari – 1 Maret 2024 di Command Center Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel.

Pelatihan ini untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Siber dan sandi melalui Pelatihan Skema Level I Security Operations Center Analyst untuk Pengelola Keamanan Siber Sektor Infrastruktur Informasi Vital di lingkungan Pemprov Sulse.

Baca juga :   KAI Optimalkan Stasiun Matraman Untuk Peningkatan Pelayanan Bagi Masyarakat

“Terima kasih kepada BSSN yang telah memilih Sulsel sebagai lokus pelatihan skema Level I security operations center analyst. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan informasi di masing masing IPPD (instansi pusat dan pemerintah daerah) di Sulsel,” ujar Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo SP Sulsel Sultan Rakib dalam sambutan penutupannya.

Sultan Rakib menyatakan, keamanan informasi menjadi pilar penting pengembangan arsitektur SPBE di setiap IPPD tidak terkecuali di Pemprov Sulsel.

“Dari enam domain arsitektur SPBE, aplikasi, layanan, infrastruktur, data, proses bisnis, keamanan menjadi hal terpenting. Paradigma kita membangun pemerintahan digital, keamanan harus juga menjadi pilar utama,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penyelenggaraan Pelatihan Pusbang SDM BSSN Dian Surgawiwaha menuturkan, kegiatan ini memang sudah menjadi agenda rutin dari BSSN.

Baca juga :   KAI Services Soft Opening Loko Cafe Garut

“Kita berharap ini bisa maksimal, dan mengangkat keamanan cyberg di Sulsel,” ungkapnya. B

Komentar