Penjabat Walkot Bekasi Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Proses APBD 2024

Penjabat Wali Kota (Pj Walkot) Bekasi Gani Muhamad memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Proses APBD 2024 yang bertempat di Aula Nonon Sonthanie. (dok. humaskotabekasi)

Mengawali tahun 2024, Penjabat Wali Kota (Pj Walkot) Bekasi Gani Muhamad didampingi Sekretaris Daerah, Djunaedi beserta seluruh jajaran Esselon II, III dan IV, Camat juga Lurah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Proses APBD 2024 yang bertempat di Aula Nonon Sonthanie pada Senin (15/1/2024).

Adapun hal-hal yang dibahas dalam Rakor tersebut adalah Pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 dan Pembahasan Langkah Strategis dalam Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2024.

Selain itu, ada juga Pembahasan Perkembangan Persiapan dan Langkah Antisipasif Pelaksanaan Pemilu 2024.

Terkait dengan LKPD, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sudarsono memaparkan bahwa ke-7 komponen berikut yang harus dipersiapkan setiap Perangkat Daerah adalah Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Ada juga Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Baca juga :   Menhub Tinjau Proving Ground Bekasi dengan Target Soft Launching September 2024

Dalam kesempatan tersebut, Gani Muhamad menegaskan untuk memastikan semua perangkat daerah menyerahkan setiap komponen tersebut tanpa ada kekurangan dengan rapih sesuai dengan ketentuan agar harapannya Pemerintah Kota (Pemko) Bekasi dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun ini.

Mengenai langkah-langkah strategis dalam pencapaian PAD, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Arief Maulana menjelaskan, timnya akan memaksimalkan aplikasi untuk mendorong percepatan peningkatan kepatuhan para Wajib Pajak dalam membayarkan pajaknya agar di tahun ini PAD tercapai sesuai target yang telah ditetapkan.

Menanggapi hal tersebut, Gani Muhamad berpesan perlu dilakukan evaluasi terhadap segala penerapan aplikasi percepatan tersebut, sampai sejauh mana siginifikansinya terhadap pemenuhan target pendapatan daerah dan lakukan upgrade agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat terus berkembang dan berdampak maksimal.

Menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 di 14 Februari mendatang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Lintong Dianto Putro menyampaikan bahwa persiapan pengadaan Sarana dan Prasarana Logistiknya sudah mencapai di angka 90%, Surat Suara mulai didistribusikan ke Kecamatan/Kelurahan se-Kota Bekasi.

Baca juga :   Beberapa Arahan Sekda Kota Bekasi Saat Pimpin Apel Pagi

Saat ini, bersama kedinasan terkait sedang menggencarkan pemenuhan Pencatatan Administrasi Kependudukan untuk Pemilih Pemula sehingga partisipasi keikutsertaan Pemilu di Kota Bekasi dapat meningkat.

Gani Muhamad menyambut baik kesiapan Pemkot Bekasi dalam mendukung pemenuhan Sarana Prasarana Logistik Pemilu 2024.

Dia berpesan agar Camat/Lurah setempat juga dapat berperan penuh dalam mendukung terselenggaranya Pemilu dengan lancar, aman dan tertib.

“Camat atau Lurah di wilayah perlu proaktif dalam mempersiapkan segala halnya, terutama mempersiapkan Sarana dan Prasarana di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti,” jelasnya.

Selain itu, pastikan segala logistik telah terpenuhi tanpa ada kekurangan, pastikan juga TPS aman dari resiko akibat hujan yang dapat menyebabkan banjir, begitupun ketersedian listrik yang memadai, sehingga pelaksanaan pemungutan suara tetap lancar. B

Komentar