Pelanggan KA Arus Balik Lebaran Melebihi Jumlah Rata-Rata Periode Arus Mudik

Pemeriksaan tiket penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta. (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat berdasarkan pantauan data Kamis (27/4/2023) bahwa tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual pada periode arus balik, yakni 24 April 2023 (H+1) hingga 3 Mei 2023 (H+10) sebanyak 1.337.539 tiket atau rata-rata 133.754 tiket per hari.

Jumlah penumpang tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Adapun pada periode mudik, yakni 12 April 2023 (H-10) hingga 21 April 2023 (H-1), terdapat 1.282.929 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 128.293 pelanggan per hari.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, banyaknya tiket yang terjual pada periode pascalebaran dikarenakan para pelanggan tidak hanya melakukan perjalanan balik, tapi juga terdapat pelanggan yang baru mudik.

“Pelanggan memilih perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api karena berbagai keunggulan yang ditawarkan seperti bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta terhindar dari risiko kecelakaan di jalan raya,” kata Joni.

Baca juga :   KAI Optimalkan Stasiun Matraman Untuk Peningkatan Pelayanan Bagi Masyarakat

Pada arus balik, KAI membuka sub kelas tarif rendah, yakni subkelas H, I, dan J pada kelas eksekutif hingga 3 Mei 2023, dimana subkelas tersebut biasa KAI jual pada low season.

Jika dibandingkan dengan tarif batas atas, maka sub kelas tersebut bisa lebih murah 20% hingga 30%.

Pembukaan penjualan tiket subkelas dengan tarif rendah pada arus balik ini juga mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tidak terfokus melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April 2023.

Sementara itu, pada Lebaran hari pertama dan kedua atau 22 dan 23 April 2023, volume pelanggan KA Jarak Jauh juga tetap tinggi.

Rinciannya, hari pertama Lebaran sebanyak 138.015 pelanggan dan hari kedua Lebaran terdapat 180.756 pelanggan.

Baca juga :   Kemenhub Optimalkan Pemanfaatan Aset di Pelabuhan Tanjung Redep

Banyaknya pelanggan pada hari pertama dan kedua Lebaran dipengaruhi oleh berbagai factor, seperti pelanggan yang berwisata di hari-H Lebaran serta adanya cuti bersama yang panjang, sehingga pelanggan memiliki kesempatan yang luas untuk mudik saat Lebaran.

“Sampai dengan pantauan kondisi tiket pada hari ini, jumlah tiket KA dari arah Jakarta ke sejumlah kota di Pulau Jawa masih banyak tersedia,” tutur Joni,

KAI berkomitmen mengantarkan pelanggan, khususnya di periode Angkutan Lebaran ini dengan pelayanan optimal sehingga perjalanan kereta api tetap aman dan berkesan. B

Komentar