Pelabuhan Panjang Siap Jadi Alternatif Merak-Bakauheni Saat Libur Tahun Baru 2023

Pelabuhan Panjang di Lampung. (dok. hubla.dephub.go.id)

Pelabuhan Panjang Lampung siap menjadi pelabuhan alternatif apabila Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni mengalami kepadatan pada periode libur Tahun Baru 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Novian Eldi mengatakan Pelabuhan Panjang siap mendukung kelancaran operasional Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) apabila diperlukan.

“Jika terjadi kepadatan di Merak-Bakauheni pada waktu peak session maka rute kapal-kapal dapat dialihkan melalui Pelabuhan Indah Kiat Merak ke Panjang Lampung,” ujarnya saat ditemui di Kantor KSOP Panjang, Jumat (30/12/2022).

Adapun kedua pelabuhan tersebut selama ini digunakan untuk sandar kapal milk PT Atosim mengangkut kendaraan truck logistik rute Panjang-Ciwandan Cilegon atau dermaga PT Indah Kiat Merak.

Namun, secara situasional Pelabuhan Indah Kiat dan Panjang dapat dioperasikan sebagai pelabuhan penunjang menunggu instruksi lanjut dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lebih lanjut Novian menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan dermaga sepanjang sekitar 400 meter guna menunjang kapal-kapal bersandar dan melakukan kegiatan bongkar muat kendaraan di Pelabuhan Panjang.

Baca juga :   Kemenhub Libatkan Perguruan Tinggi dalam Proyek Kereta Cepat dan LRT Jabodebek

Dermaga ini memang sudah difungsikan secara reguler untuk melayani kapal-kapal logistik.

“Dermaga tersebut bisa melayani hingga dua kapal sekaligus yang memiliki ukuran 6.000 GT dan dilengkapi dengan buffer area dan lapangan penumpukan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Novian, lokasi Pelabuhan Panjang yang berada di teluk cenderung lebih aman dari ancaman cuaca ekstrem, ketimbang di Pelabuhan Merak atau Bakauheni.

Setiap hari di Pelabuhan Panjang memiliki kegiatan rutin, yakni pelayaran rutin kapal.

PT Atosim Lampung Pelayaran dan kapal-kapal logistik yang memuat berbagai komoditi, seperti hasil pertanian dan perkebunan. Jadi, kata Novian,  peran Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan logistik sangat penting bagi masyarakat Lampung dan sekitarnya.

Adapun Pelabuhan Panjang memiliki dermaga yang cukup lengkap, yakni dermaga umum, multipurpose, ada juga dermaga untuk peti kemas, dermaga curah cair dan curah padat.

Baca juga :   Bandara Kertajati Dapat Layani Penerbangan Umroh Mulai November 2022

Di Pelabuhan Panjang juga beroperasi sejumlah Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

Sementara itu, Pelabuhan Bakauheni juga telah bersiap mengahadapi libur Tahun Baru 2023.

Namun, menurut Kepala Kantor KSOP Kelas IV Bakauheni Capt. Tommy Aronda, lonjakan kepadatan saat periode Natal dan Tahun Baru tidak terlalu signifikan jika dibandingkan saat Angkutan Lebaran.

“Kami KSOP Bakauheni memiliki peran sebagai pengawas di bidang keselamatan pelayaran, termasuk memastikan jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas kapal, termasuk saat Angkutan Natal dan Tahun Baru ini,” jelas Capt. Tommy.

Selain angkutan penumpang, Pelabuhan Bakauheni juga melayani angkutan logistik yang berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Bandar Bakau Jaya. Pelabuhan ini melayani kapal-kapal yang mengangkut truk bermuatan logistik hingga muatan kendaraan roda empat. B

 

 

Komentar